8 Waktu Terbaik Bagi Otak Biar Waktu-mu Makin Produktif !

8 Waktu Terbaik Bagi Otak Biar Waktu-mu Makin Produktif ! jam latihan yoga

Waktu terbaik otak-Umumnya setiap orang memiliki rutinitas harian yang cukup konsisten. Jika rutinitas itu berubah sedikit saja, biasanya akan berdampak pada fisik, mental, dan ataupun perilaku orangnya. Misalnya kalau Anda bangun lebih pagi dari biasanya, maka tubuh Anda lebih fresh dan pikiran lebih fokus. Berbeda halnya dengan bangun lebih siang, mungkin akan merasa lebih sulit berkonsentrasi sepanjang hari. Agar menjalani hari-hari lebih seimbang, kita tidak hanya memahami jadwal kerja organ dalam tubuh saja. Otak manusia juga memiliki waktu – waktu terbaiknya. Berikut beberapa waktu tertentu yang mana sesesorang bisa lebih produktif dalam setiap harinya.

8 Waktu Terbaik Bagi Otak Biar Waktu-mu Makin Produktif ! 18kzki3ibdwyujpg
Waktu terbaik otak

Jam 7 – 9 Pagi :

Saat terbaik untuk meningkatkan Semangat

Hal ini karena kadar hormon oksitosin (hormon cinta) berada di level tertinggi setelah bangun tidur. Waktu ini merupakan momen yang tepat untuk menjalin hubungan dengan orang – orang terdekat dan paling penting dalam hidup. Bagi yang sudah menikah waktu – waktu ini sangat baik untuk momen romantis dengan pasangan.

Jam 9 – 11 Siang :

Saat terbaik untuk Kreativitas

Pada waktu tersebut dapat membantu seseorang lebih memfokuskan pikiran karena otak memiliki hormon kortisol (hormon stres) yang cukup, hal ini tidak dipengaruhi usia berapapun. Jadi, bagi yang sedang menuntut ilmu seperti Mahasiswa – Mahasiswi ini merupakan waktu yang prima untuk belajar maupun mengerjakan tugas yang membutuhkan konsentrasi dan analisa.

Jam 11 Siang – 2 Siang

Saat terbaik untuk melakukan tugas sulit

Periode untuk jam – jam ini sangat cocok untuk melalukan tugas-tugas berat, sebab hormon melatonin (hormon tidur) telah menurun sehingga tubuh lebih siap mengerjakan beban proyek ataupun pekerjaan yang yang sulit dan keras. Namun alangkah baiknya untuk tidak mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan, karena akan membuat konsentrasi menurun.

Jam 2 Siang – 3 Siang

Saat terbaik untuk beristirahat

Inilah saat-saat terbaik untuk beristirahat siang. Tidak heran kalau kita sering mendengar keluhan dari para pekerja, anak-anak sekolah, maupun Mahasiswa-Mahasiswi yang mengantuk apalagi setelah makan siang di jam-jam ini. Pada jam ini merupakan saat terbaik bagi tubuh untuk mencerna makan siang. Tubuh akan menarik darah dari otak ke perut, sehingga menyebabkan asupan darah atau oksigen ke otak sedikit berkurang yang membuat seseorang jadi mengantuk. Untuk itu cobalah beristirahat sebentar dari berbagai aktivitas.

Jam 3 Siang – 6 Sore

Saat terbaik untuk kolaborasi

Paul Nussbaum. PhD, seorang neuropsikolog klinis, mengatakan periode masa ini adalah saat terbaik untuk kolaborasi. Karena tidak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi dengan teman, rekan kerja, ataupun keluarga untuk melakukan kegiatan yang berbeda. Meskipun otak tak setajam waktu sebelumnya, namun seseorang akan merasa lebih santai dan tekanan tubuhnya lebih rendah.

Jam 6 Sore – 8 Malam

Saat terbaik untuk melakukan tugas-tugas pribadi

Peneliti menemukan bahwa otak sudah masuk dalam tahap “pemeliharaan”, yaitu ketika produksi melantonin masih berada di level rendah. Jadi bisa gunakan waktu untuk menyiapkan makan malam, berjalan-jalan bersama teman maupun menikmati waktu kualitas besama keluarga.

Jam 8 Malam – 10 Malam

Saat terbaik untuk bersantai

Pada malam hari di jam-jam ini memang asiknya bersantai, seperti menonton prrogam TV acara favorit ataupun film koleksi Anda. Sebab kondisi di jam ini ada transisi dari kondisi terjaga menjadi mengantuk, karena kadar hormon melatonin akan meningkat cepat, sementara kadar serotonin (neurotransmitter yang berhubungan dengan semangat) akan memudar.

Jam 10 Malam ke atas

Saat terbaik untuk tidur

Saat ini adalah waktunya mengoptimalkan kesehatan dan energi di pagi hari, yaitu waktunya tidur. Usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebanyak 7 – 8 jam, dan usahakan hindari begadang agar otak siap kembali untuk memulai aktivitas baru.

“Gunakanlah waktu sebaik mungkin, karena waktu tidak akan pernah kembali”. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *