5.8 C
London
November 22, 2019
Image default
Blog

Tips Sukses Sidang Skripsi

Sidang skripsi atau sidang pendadaran merupakan masa-masa yang sering dianggap menakutkan sekaligus membahagiakan. Bagaimana tidak, setelah berjuang keras untuk memahami teori, memperoleh data, mengolahnya, dan perjuangan selama kamu kuliah di kampus, sampai juga di pintu terakhir perjuanganmu sebelum resmi jadi sarjana. Nah, untuk menghadapi sidang skripsi, kamu perlu mempersiapkan nya agar bayangan-bayangan yang katanya menakutkan bisa berakhir menyenangkan. Berikut beberapa tips sukses sidang skripsi.

Tips Sukses Sidang Skripsi  Tips Sukses Sidang Skripsi download 1
Tips Sukses Sidang Skripsi
  1. Kamu bisa meminta pendapat dosen pembimbing skripsi mengenai presentasi yang telah kamu buat yang harus kamu cantumkan saat sidang skripsi. Tidak ada salahnya mengkonsultasikan skripsimu untuk terakhir kalinya.
  2. Pahami dan pelajari kembali naskah skripsimu dengan baik, sehingga kamu siap menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dosen penguji.
  3. Pahami aturan berpakaian di kampus kamu yang wajib dikenakan saat sidang skripsimu. Jika perlu berdandan agar penampilanmu tampil maksimal, namun jangan berlebihan apalagi menggunakan make up yang terlalu tebal.
  4. Sempatkan latihan presentasi sidang skripsi kamu agar mentalmu lebih tertata dan mengurangi gugup saat berhadapan dengan dosen penguji. Bisa kamu coba latihan di depan teman-teman mu, dan meminta menilai apa yang perlu di tambahkan atau di hindari dari caramu berpresentasi.
  5. Hindari begadang, istirahat cukup, dan sebelum istirahat persiapkan kondisi peralatan maupun barang-barang yang perlu dibawa untuk presentasimu besok.
  6. Datanglah lebih awal saat hari H. Dengan begitu kamu punya waktu cukup untuk menenangkan pikiran dan mengontrol rasa gugupmu. Jangan lupa makan bergizi dan tercukupi energimu, agar pikiranmu juga fokus.
  7. Bersikaplah jujur dan jangan mengelak ketika dosen penguji menemukan cela di penelitianmu. Coba akui dan berdiskusilah secara ilmiah agar kamu tahu apa yang perlu ditambahkan dalam revisi skripsimu nantinya.
  8. Jangan lupa berdoa, dan meminta do’a kepada orangtua kamu agar berjalan lancar sidang skripsimu.

Related posts

Cara Manjaga Tubuh Tetap Fit dan Sehat

Rahasia Law of Attraction dalam Kehidupan Sehari-hari

Cara Menjadi Orang yang Karismatik

Leave a Comment

profile pic url
8,249 Followers
Follow