Pengembangan Diri

Cara Jitu Menghadapi Keputus asaan Hidup!!

Faizuddin Ahmad
Written by Faizuddin Ahmad

Putus asa dalam hidup-Ketika harapan kita tidak sesuai dengan realita sering kali kita merasa sedih atau putus asa, seakan-akan dunia telah berakhir. Padahal perasaan sedih karena keputus asaan pasti pernah di alami semua orang tanpa terkecuali, hanya saja bagaimana sikap kita menyikapinya. Ada orang yang langsung bangkit menjalani kehidupanya dengan bahagia. Namun,  banyak orang keputus asaan hanya membuatnya sedih berlaut-larut atau meratapi nasibnya secara terus menerus, bahkan ada yang sampai mengakhiri hidupnya karena tidak sanggup untuk bangkit. Berikut ini hal yag harus anda lakukan ketika keputus asaan sedang melanda anda agar tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

Putus asa dalam hidup putus asa dalam hidup Cara Jitu Menghadapi Keputus asaan Hidup!! Putus Asa

Cara Jitu Menghadapi Keputus asaan Hidup

Menangis

Ketika anda sedang  Putus asa dalam hidup anda atau sedih keluarkanlah air mata anda. Menurut penelitian air mata tidak sekedar air asin, air mata mengandung leucine enkephalin, endorfin yang mengatur rasa sakit, dan hormon-hormon seperti prolactin dan adrenacorticotropic, yang dilepaskan pada waktu stress, tangisan merupakan cara tubuh mengeluarkan kelebihan hormon-hormon stress yang ada dalam tubuh kita.

Kerjakan Suatu Hal Yang Menjadi Hobi atau Kegemaran Anda.

Lakukan hal-hal yang menjadi hobi atau kegemaran anda. Ketika anda mengerjakan hal-hal yang menjadi hobi atau bakat anda, anda akan merasa semangat mengerjakannya Tanamkan dalam diri anda  itu adalah kemampuan unik anda, hanya anda yang ahli melakukannya tidak seorangpun dapat mengalahkan anda. Dengan demikian, perasaan anda akan berubah menjadi lebih positif.

Bicarakan

Ketika anda sedang mengalami Putus asa dalam hidup andaCurhatkan masalah anda kepada Tuhan anda jangan bicarakan kepada sesama manusia. Luangkan waktu anda untuk berdoa kepada Tuhan anda dan  sembari curahkan isi hati anda, uneg-uneg anda, masalah anda kepadaNya. Pasti Tuhan akan memberikan solusi yang terbaik  kepada hambanya tidak secara langsung, namun dengan keajaiban-keajaiban yang akan anda dapatkan kemudian hari, tidak akan Tuhan memberikan cobaan yang melampui batas  hamba-hambanya.

Ketika anda mencurahkan hati kepada sesama manusia, anda malah akan merasa rendah. Manusia mempunyai hati yang berbolak-balik. Terkadang baik dan terkadang bisa buruk. Bisa jadi ketika orang yang anda curhati tidak senang kepada anda, masalah yang anda hadapi akan disebarkan kepada orang lain dan aib anda akan tersebar. Jika anda bercurhat diri kepada Tuhan anda, Tuhan pasti akan menjaga aib-aib anda selamanya.

Menerimanya Dengan Lapang Dada

Derrick Jensen dalam Beyond Hope menjelaskan “Semakin aku memahami harapan, semakin aku menyadari bahwa semuanya layak dimasukkan dalam kotak [Pandora] bersama-sama dengan bencana, kesedihan, dan hal-hal tidak menyenangkan lainnya. Harapan hanya melayani kebutuhan mereka yang memiliki kekuasaan yang sama dengan keyakinan akan surga. Harapan sesungguhnya tidak lebih dari cara duniawi  menjaga kita tetap dalam jalur…. Orang-orang kadangkala bertanya padaku, ‘Jika hal-hal menjadi buruk, mengapa kamu tidak melakukan bunuh diri?’ Jawabannya adalah bahwa kehidupan sangat-sangatlah indah. Aku sesosok makhluk yang cukup kompleks sehingga aku dapat menyimpan dalam hatiku pemahaman bahwa kita sangat-sangat kacau, dan pada saat yang sama bahwa kehidupan adalah sangat-sangat indah. Aku dipenuhi dengan kemarahan, kesedihan, kegembiraan, cinta, kebencian, keputusasaan, kebahagiaan, kepuasan, ketidakpuasan, dan ribuan perasaan lainnya. Kita benar-benar kacau. [Tetapi] kehidupan tetaplah sangat indah.

Tidak perlu anda memikirkan harapan anda yang tidak terealisasi. Tetaplah hadapi persoalan yang menjadi tantangan hidup anda. Cobaan adalah pendewasaan diri, ketika anda mampu mengatasi masalah yang anda hadapi, berarti anda menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya ketika anda konsisten melakukan ini maka Putus asa dalam hidup anda lambat laun akan menjadi kebahagian bagi anda dalam menaungi kehidupan anda.

Berani Bermimpi Besar

Mimpi adalah realitas yang dapat anda ciptakan dan kendalikan. Ketika harapan anda tidak terealisasikan jangan takut untuk membuat harapan lagi. Teruslah membuat harapan yang memunjang kesuksesan anda di masa depan  setiap harinya. Mulai bermimpi setinggi langit karena bermimpi tidak harus bayar, kejar cita-cita anda,  jalani hidup dengan bahagia dan senyuman.

About the author

Faizuddin Ahmad

Faizuddin Ahmad

suka menulis, penyayang binatang, sedang mendalami dunia motivator dan public konsultan

Leave a Comment