Kesehatan

Wanita Harus Tahu !!! Perkembangan Bayi di Usia 3, 4, dan 10 Bulan

Perkembangan bayi 3 bulan

Perkembangan bayi 3 bulan ditandai dengan bayi dapat mengeluarkan suara-suara dari mulutnya. Bayi juga dapat menyimak atau mendengarkan berbagai bunyi suara yang ddidengarnya. Bayi tersebut dapat mendengarkan suaranya sendiri maupun suara-suara orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, untuk memfasilitasi tumbuh kembang bayi di usia 3 bulan, seorang ibu dapat memberikan berbagai jenis mainan bayi yang dapat memberikan stimulus positif bagi bayi. Namun, permainanan yang harus dipilih adalah yang berbahan karet agar tidak berbahaya bagi tubuh bayi. Di usia 3 bulan ini, bayi juga sudah mulai dapat mengangkat kepalanya sendiri. Bayi pun sudah dapat tertawa dan tersenyum dengan orang-orang yang mengajaknya berbicara.

Selanjutnya, beranjak pada usia 4 bulan. Perkembangan bayi 4 bulan ditandai dengan bayi dapat tengkurap serta berguling ke kanan dan ke kiri. Gerakan yang dilakukan bayi pada usia 4 bulan ini dapat melatih otot-otot motorik bayi. Orangtua harus senantiasa mengawasi bayi dan juga memberikan rangsangan pada bayi. Misalnya dengan memberikan boneka atau guling sehingga dapat menarik perhatian bayi untuk berguling. Dalam hal ini, ketika bayi berhasil, Anda sebagai orang tua harus memberikan pujian, tepuk tangan atau menciumnya agar bayi terpancing untuk melakukan hal yang sama. Selain itu, Anda juga tidak boleh mengeluarkan kata0kata keras atau membentaknya karena bayi sudah dapat merespon tindakan Anda tersebut. Usahakan selalu memasang mimik wajah bahagia agar bayi pun mengikuti Anda.

Berbeda dengan perkembangan bayi 3 dan 4 bulan, pada perkembangan bayi 10 bulan sudah mengalami banyak perubahan dan kemajuan, baik dilihat dari segi fisik maupun emosionalnya. Umumnya, bayi pada usia 10 bulan ini sudah dapat duduk dengan tegak dan lebih mandiri. Dengan kata lain, dalam beberapa hal bayi dapat menggubah posisi tubuhnya tanpa bantuan dari orang lain. Misalnya bayi dapat berpindah tempat dengan cara merambat ke dinding. Dalam hal ini, Anda sebagai orangtua harus lebih menunjukkan kasih sayang lebih pada bayi. Anda harus senantiasa berada di samping bayi karena pada usia ini keberadaan orangtua sangat dibutuhkan oleh bayi.

About the author

Muhammad Hasan Fadhlurrahman

Saya hanya seorang blogger yang ingin mengekpresikan tulisan saya di dunia maya. Saya juga pecinta ayam hias jika temen2 suka dengan ayam hias bisa add saya di facebook ataupun instagram. Terimakasih :)

Leave a Comment