Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Gemar Membaca Dapat Meningkatkan Karir Anda

Meningkatkan Karir – Buku adalah jendela dunia. Tak bisa dipungkiri lagi bahwa dengan membaca akan meningkatkan wawasan dan  membuka cakrawala anda, namun kebanyakan orang mengabaikan hal ini, mereka banyak menghabiskan waktu yang tidak berguna dengan menonton tv atau hangout bersama teman. Bahkan dengan anda banyak baca maka akan meningkatkan karir anda dalam bekerja,  semakin anda rajin membaca semakin anda dekat dengan kesuksesan. Orang-orang suksus pasti seseoang yang setia dengan membaca. Bung karno pernah berkata :

”Aku gemar sekali belajar, gemar membaca. Sampai, boleh dikatakan, aku kadang- kadang meninggalkan pelajaran-pelajaran di sekolah untuk, waktunya aku pakai untuk membaca buku-buku politik, yang tidak diajarkan di sekolah kepada saya. Aku membaca sejarah dunia, aku membaca sejarah bangsa-bangsa, aku membaca kitab-kitab tentang gerakan kaum buruh, aku membaca tentang gerakan Islam.”
“Jadi, aku ini gemar membaca, oleh karena aku anggap perlu untuk mengisi otakku, mengisi pikiranku, mengisi semangatku selebar-lebar mungkin. Jendela terbuka, ide-ide itu masuk di dalam ingatanku, pikiranku itu.”

meningkatkan-karir Meningkatkan Karir Gemar Membaca Dapat Meningkatkan Karir Anda timthumb

meningkatkan-karir

Bahkan Warren Buffet yang merupakan jajaran orang terkaya di dunia masih menyempatkan diri meng-update pengetahuan dan wawasannya dengan membaca berbagai koran mulai skala lokal, nasional, internasional disela-sela kesibukannya. Warrent Buffet mengatakan bahwa dengan membaca ia dapat selalu mengikuti perkembanagn tren bisnis yang terjadi sehingga ia dapat membuat perencanaan bisnis yang lebih matang.

Meningkatkan komunikasi Anda

Dimanapun anda berada, di sekolah, kampus, dunia kerja ataupun bisnis anda dituntut untuk mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Misalnya ketika anda presentasi dengan kolega anda, dengan boss, maka anda harusmempunyai keahlian  dalam mengola kata yang baik. Misalnya anda dalam melakukan presentasi kurang bagus maka secara tidak langsung akan mengurangi kridebilitas anda bahkan bisa-bisa pendengar anda tidak mengerti apa yang anda katakan.

Buku mengandung 50 persen lebih banyak kosa kata langka di banding TV atau percakapan sehari-hari. Dengan membaca Anda dapat menambah kosa kata baru dalam otak anda. Semakin luas kosa-kata yang anda punyai, maka semakin anda percaya diri dalam melakukan public speaking karena anda bisa merangkai kata untuk dibicarakan kepada audien anda.

Meningkatkan Kemampuan Menulis yang baik

Jika anda seorang penulis maka tentu akan mendukung pofesi anda, anda dapat menyusun kata-kata dengan membaca kaya-karya orang lain.  Tidak hanya bagi seorang penulis semata, segala profesi dapat menikmati manfaat dari membaca misalnya ketika menulis cover letter dan laporan, anda juga dapat manfaat dari membaca. Anda juga akan mendapatkan kosa-kata baru yang bisa anda tuangkan dalam tulisan anda dan semakin nambah keluwesan tulisan anda.

Meningkatkah Hubungan Antar Rekan Kerja

Setiap insan manusia tak dipungkii lagi pasti akan berinteraksi dengan orang lain. Begitupun ketika perjalanan karir anda. Anda dapat membangun bisnis dengan dengan baik ketika anda bisa berinteraksi dan membangun hubungan dengan baik dengan rekan kerja anda. Anda butuh  kecerdasan emosional dan empati tinggi, nah salah satunya anda dapat dengan membaca buku fiksi atai literatur.

Kemampuan Berfikir Analitik yang Kuat

Ketika anda membaca sebuah novel misteri, anda pasti mencoba untuk menganalisi dan mengkritisi novel tersebut,  mencoba untuk memecahkan misteri itu sendiri sebelum anda menyelesaikan membaca buku tersebut.. Bagi anda yang sering membaca novel, secara tak sengaja pasti anda akan menganalisi dan mengkitisi  secara detail isi cerita, apakah cerita yang ditulis baik, apakah karakter yang dikembangkan baik. Dengan demikian maka pemikiran kritis anda tak di duga akan berkembang. Orang yang jarang membaca akan mengalami kemunduran ognitif 48% lebih cpat dibanding individu yang hobi membaca.

Leave a Reply

%d bloggers like this: