Manfaat Menulis Jurnal untuk Pengembangan Diri

Manfaat Menulis Jurnal untuk Pengembangan Diri 1457863149 menulis bu

Jurnal harian biasanya berisi tentang kegiatan harian-harian kita setiap hari, Mungkin bisa jadi curhatan-curhatan suasana hati kita. Curhatan patah hati, Suasana kesal dilingkungan kerja, atau bisa jadi curhatan suasana bahagia. Tergantung bagaimana kita mengutarakan tulisan kita dalam jurnal harian kita.

Tulisan jurnal harian yang kita buat ternyata bisa mengubah hidup kita, mengubah pola pikir kita kedepanya dan merubah perilaku kita hal ini dipengaruhi oleh hasil dari kegiatan kegiatan yang kita lakukan sebelumnya.

Manfaat Menulis Jurnal untuk Pengembangan Diri download
Jurnal Harian

Mengapa harus menyimpan jurnal.

Menulis jurnal adalah cara untuk menguji diri kita, siapakah kita dan dunia di sekitar kita. Jurnal adalah hal paling aman untuk mengekplorasi perasaan seseorang tanpa orang lain mengetahui. Menulis jurnal bermanfaat untuk mencermati apa yang kamu rasakan pada hari tertentu, kamu juga dapat menggunakan jurnal kamu untuk menulis hal-hal yang membuat pola pikir kamu berkembang. Dengan selembar kertas kosong, kamu bisa bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan sulit dan menjelajahi kebenaran tentang kehidupan yang kamu jalani. Mengapa jurnal sangat penting bagi kehidupan kamu kedepanya? Bagaimana kamu berfikir pada akhirnya mempengaruhi bagaimana kamu berperilaku kedepannya. Pola pikir yang benar akan membantu kamu mengubah keyakinan kamu dan mengambil tindakan untuk membuat perubahan penting dalam hidup kamu.

Menulis Jurnal Bagian dari Refleksasi Diri

Kehidupan yang serba menjenuhkan membuat kamu semakin stress menghadapinya. Misalnya masalah kerja yang membuat kamu stress, masalah keluarga yang membuat lelah dapat kamu tuangkan dalam tulisan jurnal yang kamu buat. Itulah sebabnya kamu harus menulis jurnal secara rutin sebagai kebiasaan dan meluangkan waktu ketika kamu merasa tidak enak. Jadi membiasakan menulis jurnal yang sederhana ini akan merefresh pikiran kamu dari kehidupan sehari-hari.

Menulis fakta-fakta yang kita alami dalam kehidupan sehari hari misalnya ketakutan mengerjakan sesuatu berarti kamu meluangkan waktu untuk jujur tentang rasa takut akan pekerjaan dan kehidupan yang kamu alami. Berifikir positif bukan berarti tentang mempercayai hidup yang serba sempurna melainkan mangakui bahwa kamu mempunyai peran untuk mengengarahkan kehidupan kamu. Bahkan ketika hal-hal tidak berjalan sesuai dengan harapan kamu. Jalani konsekuensinya. Apa arti takut menurut kamu? jika kamu terus membiarkan rasa takut kamu menghantui kamu, apa akibatnya? Mungkin benar bahwa pola pikir ketakutan kamu melindungi kamu dari segala resiko. Namun menghindari resiko berarti kamu menjauhkan diri dari kesuksesan.

Bayangkan jika kamu tidak merasa takut akan apapun? seperti apa kehidupan kamu kedepanya? inilah waktunya kamu bermimpi besar dan membayangkan bagaimana kamu membangun rancangan terbaik di masa depan. menulis jurnal adalah menciptakan hubungan emosional yang kuat dengan pola pikir baru dan bagaimana kamu mengambil tindakan selanjutnya

Mengambil tindakan

ketika kamu memiliki pegangan pada pola pikir kamu, kamu tahu langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan. Sangat penting bagi kamu memutuskan terlebih dahulu bagaimana kamu akan melakukan sikap ketika sebuah situasi memicu ketakuatan kamu? apakah kamu khawatir akan penolakan? Dengan menyumbang ide ide baru secara teratur adalah cara terbaik untuk membuktikan bahwa kamu punya kebenarian. Bagi saya, sangat penting untuk memutuskan terlebih dahulu bagaimana saya akan bersikap ketika sebuah situasi muncul yang memicu ketakutan saya. Mengubah cara saya merespons adalah kesempatan bagi saya untuk membuat bukti bahwa alternatif yang saya bayangkan adalah mungkin.

Meskipun saya tidak mengakhiri setiap sesi jurnal dengan cara ini, saya sering mencoba untuk menyelesaikan dengan menetapkan niat kecil bagaimana saya akan berperilaku lebih baik. Ini adalah pernyataan satu kalimat yang sederhana yang mendorong saya untuk cukup berani menjalani hidup yang ingin saya jalani.

Ketika saya menulis jurnal secara konsisten, saya merasa jauh lebih mengendalikan hidup saya dan saya berpikir lebih positif tentang masa depan. Tidak selalu mudah untuk menemukan waktu dan itu tidak selalu merupakan proses yang mudah, tetapi saya selalu bersyukur atas perubahan pola pikir yang mempengaruhi hari-hari saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *