Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita Usia Subur

Kesehatan reproduksi wanita tidak berlangsung selamanya. Hanya ada beberapa tahun dimana wanita memiliki potensi kehamilan sekitar 95% yaitu pada masa wanita berumur 20-29 tahun. Setelah itu wanita yang berusia 30 tahun akan menurun potensi kehamilannya sebesar 5%. Memasuki usia 40 tahunan maka potensi kehamilan akan semakin kecil dan juga beresiko. Maka dari itu bagi Anda yang sudah menikah dan masih berada dalam usia produktif maka sudah menjadi kewajiban Anda untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita usia subur, sebab salah satu faktor yang bisa membuat Anda susah untuk hamil adalah kesehatan reproduksi wanita yang tidak dijaga dengan baik, sehingga muncul bakteri dan kuman yang bisa memicu terjadinya penyakit dan mengganggu kesehatan reproduksi wanita usia subur.

Jaga Kebersihan Organ Intim Wanita

Pada organ intim wanita rentan sekali terkena bakteri dan semacamnya, apalagi misalnya pada saat Anda buang air kecil, air yang Anda gunakan tidak bersih, jika hal demikian terjadi maka Anda bisa dengan mudah terinfeksi penyakit atau menjadi lebih sering mengalami keputihan. Pada saat setelah Anda mandi atau buang air kecil, sebelum memakai celana Anda pastikan bahwa organ intim Anda sudah kering, Anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan tissue atau handuk yang bersih. Jika Anda memakai celana pada saat organ intim Anda masih basah, maka hal itu bisa memicu berkembangnya bakteri dan kuman yang mengganggu keseimbangan kesehatan reproduksi wanita usia subur.

Gunakan Celana Dan Handuk Bersih

Saat menggunakan celana maupun handuk untuk membersihkan organ intim Anda, pastikan semuanya bersih. Jangan sekali-kali berbagi barang seperti celana atau handuk dengan orang lain karena kuman atau penyakit dari orang lain bisa menyerang Anda. Gantilah celana dalam yang Anda pakai dengan teratur dan jangan gunakan dalam waktu yang lama. Saat Anda berkeringat, kuman dan bakteri akan makin mudah berkembang biak. Kemudian dalam memilih celana sebaiknya yang kainnya lembut dan jangan terlalu ketat sehingga tidak melukai organ intim Anda. Begitulah cara dalam menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Leave a Reply

%d bloggers like this: