Image default
Blog Tips and Trik

7 Jenis Cinta Menurut Pakar Psikologi. Kamu Termasuk Jenis mana?

Topik yang satu ini memang tak ada habisnya, sampai tak sedikit juga para ahli psikologi yang mengulik lebih dalam. Robert Jeffry Sternberg, seorang pakar psikologi asal Amerika Serikat yang populer dengan teori segitiga cinta ( Triangle Love Story ). Sternberg, mengklasifikasikan cinta menjadi tiga komponen; kedekatan ( keintiman ), hasrat ( gairah ), dan komitmen. Dari teori segitiga cinta itu dapat disimpulkan menjadi beberapa jenis cinta. Penasaran kan apa saja jenis-jenis cinta menurut Strenberg ini? Simak, yuk!

jenis-cinta  7 Jenis Cinta Menurut Pakar Psikologi.  Kamu Termasuk Jenis mana? w644
Jenis Cinta

1. Liking

Menurut Strenberg, jenis cinta satu ini terbentuk ketika unsur intimacy (perasaan suka) mendominasi didalam diri seseorang, biasanya terjadi pada sebuah hubungan 2 orang lawan jenis yang memiliki hubungan dekat, salah satunya hubungan hubungan pertemanan yang sangat dekat dan akrab. Dimana dalam hubungan tersebut seseorang merasakan suatu kedekatan dan keterikatan yang dirasakan, namun tidak masuk hingga ke lebih dalam.

2. Infatuated Love

Bisa juga di katakan cinta pada pandangan pertama yang membuat tergila-gila. Jenis ini sangat dipengaruhi hal-hal fisik, seperti tampan, cantik, gagah, sexy, manis, dan yang bersifat aspek passion dalam diri seseorang. Sehingga seseorang bisa merasakan perasaan suka tanpa memikirkan hubungan yang intim dan berkomitmen.

3. Empty Love

Seringnya Empty Love ini terjadi dalam hubungan yang di dasari suatu paksaan atau perjodohan. Dimana kondisi suatu hubungan yang berkomitmen hadir namun tanpa ada kedekatan emosional atau perasaan suka satu sama lain.

4. Romantic Love

Jenis cinta satu ini sering di temukan di masa-masa remaja atau hubungan yang baru terbentuk. Pasangan yang ada dalam hubungan Romantic Love biasanya memiliki hasrat dan keintiman, sehingga mereka dekat baik secara emosional maupun memahami priibadi satu sama lain. Walaupun begitu hubungan Romantic Love ini belum tercipta sebuah komitmen jangka panjang.

5. Companionate Love

Ini merupakan jenis cinta pada pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun., memiliki perasaan saling menyayangi dan komitmen yang terus masih di rasakan. Tapi ketertarikan secara fisik pasangan mulai berkurang.

6. Fatuous Love

Untuk jenis cinta yang satu ini, mereka memiliki komitmen dan ketertarikan satu sama lain secara fisik, namun tidak halnya dengan kedekatan emosional. Seringnya jenis cinta ini terjadi pada pasangan yang memutuskan untuk berkomitmen dengan berdasarkan hasrat belaka.

7. Consummate Love

Menurut Sternberg  untuk jenis cinta yang satu ini di butuhkan kecerdasan dari 2 individu yang menjalin hubungan untuk mempertahankan kesempurnaan cinta agar hubungan tersebut tidak mudah goyah. Consummate Love merupakan jenis cinta idaman semua orang, sebab memiliki keterikatan, komitmen, dan perasaan yang mendalam satu sama lain. Mereka berhasil mengatasi permasalahan dan perbedaan dalam hubungan yang terjalin.

Jadi jenis cinta mu dan pasangan yang mana, kawan?

Related posts

Cara Menguruskan Badan dengan Cepat dan Alami yang Harus Kamu Coba !!!

Muhammad Hasan Fadhlurrahman

Berbagai Metode Perawatan Tubuh Secara Alami Khususnya Bagian Wajah

Muhammad Hasan Fadhlurrahman

Rasakan Sensasi Di Bukit Paralayang Parangtritis

Leave a Comment

No any image found. Please check it again or try with another instagram account.