Pengembangan Diri

Bagimana Cara Orang Introvert Membangun Jaringan?

Faizuddin Ahmad
Written by Faizuddin Ahmad

Cara Orang Introvert Membangun Jaringan – Orang  introvert cenderung susah untuk bersosialisasi dengan sembarang orang, tentunya karena mereka adalah tipe orang yang tidak suka dengan keramaian dan kebisingan bukan disebabkan karena malu atau pendiam. Padahal ketika kita terjun kedunia kerja jaringan merupakan hal terpenting untuk kemajuan dan peningkatan kualitas kita dalam bekerja. Apalagi  jika anda bekerja seperti di Industri hubungan masyarakat atau media, Maka perluasan jaringan sangat diperlukan. Bagi kaum introvert kegiatan networking bisa sangat menyiksa. Mereka terintimidasi oleh kaum ektrovert. Berikut ini tips bagi kamu, kaum introvert untuk melakukan kegiatan networking seperti dilansir dari Theguardian.com

Cara Orang Introvert Membangun Jaringan Cara Orang Introvert Membangun Jaringan Bagimana Cara Orang Introvert Membangun Jaringan? networking

Cara Orang Introvert Membangun Jaringan

Datang Lebih Awal

Jika anda tidak menyukai suasana keramaian atau kebisingan, maka datang lah lebih awal daripada orang lain ketika masuk kerja. Anda akan terhindar dari suasana keramaian kantor dan ketika ada teman kantor datang setelah anda, anda bisa memulai dengan obrolan ringan. Seorang introvert akan mudah membangun percakapan baru daripada masuk ke dalam obrolan yang sudah terbentuk sebelumnya.

Jangan Khawatir Mengangkat Topik Berat Dalam Obrolan.

Tidak seperti kebanyakan orang, kaum introvert mampu mengangkat obrolan pembicaraan dengan level lebih tinggi dengan percaya diri daripada kebanyakan orang yang suka  mengobrolkan hal-hal yang ringan, misalnya soal macet di jalan, menuju lokasi kegiatan atau penyelenggara acara. Menurut Ahli Psikologi Kerja, liza Walter Nelson, Introvert bisa sangat tenang menghadapi segala kondisi pembicaraan, mereka memiliki ketertarikan yang dalam akan segala hal yang mempunyai data berupa fakta. Inilah  yang menjadi kelebihan mereka dibandingkan kebanyakan orang.

Mendengarkan

Orang Introvert adalah orang pendengar yang baik, maka anda bisa memulai membuka obrolan misalnya tentang pekerjaan mereka atau alasan mereka menghadiri acara ini. Kemudian anda bisa mendengarkan ocehan mereka, usahakan anda juga menyiapkan diri dengan jawaban yang singkat dan padat ketika anda dibalik ditanya.

Utamakan Kualitas daripada kuantitas

Orang Introvert cenderung akan merasa cemas atau enggan berbicara dengan orang yang belum dikenal. Apalagi jika tujuan pendekatan tidak dari dalam diri sendiri. Untuk itu anda bisa mencoba dengan berkenalan dengan beberapa orang yang anda anggap penting saja. Misalnya orang yang anda nilai berguna untuk masa depan bisnis anda, Kemudian anda ajak mereka berbicara atau bisa dengan anda buat kelompok kecil yang terdiri dari beberapa orang yang dianggap anda penting.

Luangkan Waktu untuk Istirahat Sejenak

Ketika anda merasa sudah tidak nyaman berbicara dengan sekelompok orang dan anda harus terus mengikuti pembicaraan sampai selesai untuk mempererat hubungan, Anda dapat luangkan waktu sejenak untuk mengambil nafas, anda bisa minta izin dari grup untuk kebelakang sebentar atau sekedar ambil air minum, kalau diperlukan anda bisa mencuci pergelangan tangan anda agar merasa tenang.

Meminta kartu Nama

Jika anda kesulitan melakukan percakapan atau obrolan dengan banyak orang, anda bisa menjalin hubungan lain waktu secara privat, terlebih dahulu anda minta kartu nama mereka, kemudian  anda hubungi melalui handphone atau sekedar berkunjung kerumahnya.

About the author

Faizuddin Ahmad

Faizuddin Ahmad

suka menulis, penyayang binatang, sedang mendalami dunia motivator dan public konsultan

Leave a Comment