5 Cara Jitu Meningkatkan Sikap Percaya Diri Begini Cara Mendongkrak Rasa Percaya Diri Si Kecil 960x581
Blog Tips and Trik

5 Cara Jitu Meningkatkan Sikap Percaya Diri

Sikap percaya diri memudahkan kamu menyelesaikan segala persoalan, dengan sikap percaya diri membuat kamu selalu berfikir positif dan optimis dalam mengerjakan segala hal. Rasa percaya diri sebenarnya dimiliki semua orang sejak lahir. Bayangkan saja ketika lahir kamu dengan percaya diri perlahan-lahan belajar berjalan, makan, berpakaian dan berkomunikasi dengan lingkungan.

Namun setelah kamu dewasa dan memasuki dunia profesional perlahan rasa percaya diri kamu mulai hilang, kamu merasa kurang PeDe dengan diri sendiri. Penyebabnya kompleks misalnya Kritik dari orang lain, kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan menyebabkan kamu merasa minder. Berikut ini beberapa cara menumbuhkan sikap percaya diri menurut Succes.com

5 Cara Jitu Meningkatkan Sikap Percaya Diri membangun rasa percaya diri
Rasa Percaya Diri

Dorong Keyakinan yang Membatasi diri Kamu

Ketika kamu masih anak-anak kamu mempunyai mimpi besar dalam diri kamu, tetapi perlahan ketika mulai dewasa, antusiaisme untuk mengejar mimpi kamu mulai berkurang karena pengaruh lingkungan sekitar, kamu dibatasi oleh perkataan orang tua atau lingkungan sekitar tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Carilah batasan-batasan yang ada dalam diri kamu. Kemudian batasan-batasan dalam diri kamu jadikan potensi atau kelebihan dalam diri kamu untuk meraih mimpi. Percayalah  rasa percaya diri kamu akan tumbuh seiring waktu dan kamu akan kagum dengan apa yanng kamu capai.

Berbicara dengan Diri Sendiri

Berbicara dengan diri sendiri dapat meningkatkan daya ingat kamu, dan membuat kamu lebih fokus. Misalnya dengan kamu menginstruksikan diri kamu menjadi pribadi yang tangguh atau selalu berbicara positif maka kamu akan menghilangkan rasa takut dalam diri kamu hal ini karena sistem otak limbik bagian terpenting otak membantu kamu mengatasi kecemasan yang kamu alami selama ini.

Maka untuk itu berfikirlah positif dalam segala hal karena cara kamu berbicara kepada diri sendiri mempengaruhi respon neuro bilogis kamu. Misalnya Ketika kamu mengatakan, saya tahu yang harus dilakukan atau melihat sesuatu sebagai tantangan daripada masalah, sebenarya Kamu telah mengubah respon negatif menjadi positif

Tingkatkan Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu adalah dasar dari pengembangan diri, rasa ingin tahu yang tinggi membuat pikiran kamu tumbuh setiap harinya. Ketika kamu tahu segala hal kamu akan lebih percaya diri dalam menghadapi segala hal misalnya kamu disuruh atasan kamu untuk presentasi tentang keahlian yng kami miliki maka kamu akan lebih percaya diri mempresntasikannya ketimbang kamu belum tahu materi yang kamu presentasikan.

Atasi Keraguan kamu

Jika kamu kurang percaya diri, kamu akan selalu merasa lebih rendah daripada orang lain. Jika kamu sudah merasa minder duluan maka kamu akan selalu pesimis menghadapi segala rintangan dan tantangan. Seorang anggota polisi pergi ketempat yang membutuhkan mereka bukan ketempat yang paling aman. Atasi keraguan kamu dengan pikiran positif bahwa kamu akan berhasil dimanapun kamu berada.

Related posts

Perbedaaan Orang Produktif dan Sok Sibuk? Apakah Anda Termasuk Orang Produktif Atau Hanya Sok Sibuk?

4 Cara Generasi Milenial Menumbuhkan Semangat Kerja

4 cara mudah meningkatkan produktivitas kerja di kantor yang gaduh

Leave a Comment