Blog Jurnal Pengembangan Diri Tips and Trik

Cara Jitu Mengurangi Sikap Perfeksionis dalam Diri

Menjadi seorang perfeksionis adalah tantangan yang besar hidup. Hal ini membuat kita selalu merasa kurang puas terhadap diri sendiri dan orang lain. Menganggapb bahwa sesuatu yang bagus tidak selalu bagus, bahwa kesalahan tidak dapat diterima dan hanya yang terbaik yang dapat diterima. Dengan pemikiran semacam ini tentunya hanya akan menimbulkan depresi, kecemasan pada diri, dan merasa rendah diri. Meskipun dengan melakukan hal secara perfeksionis dianggap banyak orang dapat mendorong mencapai prestasi tinggi, Namun juga mempunyai banyak dampak negatif. Berikut ini tips cara mengurangi sifat perfeksionis dalam diri!

Bersyukur dalam banyak hal

Cara Jitu Mengurangi Sikap Perfeksionis dalam Diri shutterstock 345961085
https://hellosehat.com

Syukuri apa yang ada punya. Anda dapat memulai dengan menuliskan kesuksesan kecil yang anda raih setiap harinya dalam buku catatan harian anda.

Rubah persepsi

Cara Jitu Mengurangi Sikap Perfeksionis dalam Diri dscf6903 de0fc3d9e64231526b39d45c8202dc0a 420x280
https://life.idntimes.com

Cara menurunkan sifat perfeksionis dengan mengubah persepsi anda pada suatu hal. Mengingat bahwa perfeksionis merupakan sifat yang ekstrem maka anda perlu menurunkan kadar keekstremannya sehingga tidak membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain.

Orang perfeksionis selalu melebih-lebihkan Sesuatu, alangkah baiknya anda bersikap sewajarnya tidak low dantidak pula high tetapi medium. Anda tak perlu mengejar kesempurnaan. Jika anda terlalu mengejar kesempurnaan malahan akan menghancurkan hidup anda. Jangan terlalu fokus pada hasil yang didapat melainkan proses untuk mencapai hasil tersebut.

Tentukan  deadline waktu

Cara Jitu Mengurangi Sikap Perfeksionis dalam Diri pekerjaan 20170501 130424
style.tribunnews.com

Orang perfeksionis terkenal dengen manajeman waktu yang buruk. Mereka terlalu berkutat pada satu tugas dan mengabaikan tugas lainya. Padahal belum tentu tugas yang dikerjakan lebih penting dari tugas lainnya, maka untuk menghindari kejadian diatas anda dapat menentukan batas waktu pengerjaan tugas yang dikerjakan.

Istirahat

Cara Jitu Mengurangi Sikap Perfeksionis dalam Diri download
https://www.mensive.com

Selain menentukan batas waktu anda perlu membuat waktu jeda atau istirahat jika dirasa anda sudah merasa capek dan lelah mengerjakan tugas. Tujuannya tak lain tak bukan untuk memberikan waktu kepada anda untuk melihat gambaran besar dari pekerjaan anda. Anda juga akan mengetahui apakah anda sudah mengerjakan tugas anda sesuai tujan ataukah anda telah melenceng dari tujuan. selain itu dengan istirahat juga akan menambah energi  untuk anda memulai pekerjaan baru.

Related posts

How to be an Accidental Creative

Rafita Prabawati

Tips Jitu Menulis CV Yang Menarik! Agar Diterima Kerja

4 Tokoh Sukses Yang Pernah Drop Out Dan Memutuskan Kembali Menyelesaikan Studinya.

Leave a Comment