Pengembangan Diri

Cara Berdamai Dengan Masa Lalu Kelam Anda

Faizuddin Ahmad
Written by Faizuddin Ahmad

Anda Merasa kurang Percaya Diri? Anda merasa hidup anda tidak berguna? pernah berfikir untuk apa sih sebenarnya  anda hidup atau bahkan pernah ingin menakhiri hidup anda karena tidak dapat menyelesaikan masalah-masalah yang pernah terjadi dengan  hidup anda? semoga yang terakhir ini belum pernah terbesit dalam pikiran anda ya.  Nah terkadang hal-hal pahit di masa lalu atau memalukan sering datang dalam pikiran anda, Semakin anda ingin menghilangkan masa lalu anda, semakin susah dilupakan akibatnya akan menimbulkan perasaan-perasaan negative seperti depresi, kurang percaya diri dan menganggap diri sendiri tidak berguna.

Cara Berdamai Dengan Masa Lalu Kelam Anda two spirits sig

Berdamai Dengan Masa Lalu/http://www.pbs.org/independentlens/films/two-spirits/

Untuk menjauhi perasaan-perasaan negatife tersebut anda harus berdamai dengan masa lalu anda, Cara terbaik berdamai dengan masa lalu bukan dengan menghilangkan bagian dari diri sendiri melainkan tetap mengingat dan menerima diri sendiri serta mengambil hikmah dari peristiwa-peristiwa masa lalu yang terjadi pada anda.

Menerima Diri Sendiri dan Orang Lain

Berdamai dengan diri anda dan orang lain berarti anda menerima kegagalan, kekurangan, kelebihan dan kesalahan yang pernah anda lakukan sebagai bagian dari kehidupan anda. Percayalah setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, pernah melakukan kesalahan dan dosa, tidak tahu dan tidak bisa apa-apa pada mulanya. Anda hanya perlu bangkit dan mempercayai bahwasanya anda bisa dan mampu untuk menjadi orang lebih baik lagi kemudian hari.

Selain harus menerima diri sendiri, anda juga perlu untuk menerima keadaan dan respek terhadap orang lain. Tidak semua orang memiliki pemikiran seperti anda, tidak semua orang sejalan dengan anda, mungkin mereka mempunyai keadaan/situasi yang berbeda. Tugas anda hanya mengerti dan memahami perbedaan ini. Ketika anda menerima diri sendiri dan orang lain maka akan lebih mudah anda berdamai dengan masa lalu anda.

Kekuasaan Bukan Segalanya

Kebanyakan orang selalu mengejar kekuasaan dalam hidupnya, berbagai cara dilakukan untuk dapat menjadi orang nomor satu.  Anda merasa benci dan iri atas keberhasilan orang lain, dengan itu maka anda merasa tersaingi dan tertinggal, anda akan mencoba mencapai suatu achivevement untuk membuktikan bahwa diri anda lebih hebat daripada orang lain. Bukan berarti achievement itu tidak berarti hanya saja untuk mencapai kedamaian diri kekuasaanlah apa-apa. Sesukses dan sehebat Akan anda pasti ada orang yang lebih hebat dari anda. sekuat anda berusaha akan selalu ada orang yang lebih gagal dari anda meskipun anda merasa biasa-biasa saja. Ibarat kata di atas langit masih ada langit. Mengejar kekuasaan, penghargaan, uang hanya akan membuat diri anda puas sesaat, anda tetap akan merasa kesepian dan tertinggal. Tanamkan pada diri anda “ You don’t have to prove anything to anybody”

Menjadi Diri Sendiri itu Perlu

Dimanapun anda berada tetaplah jadi diri anda sendiri, syukuri apapun yang anda miliki sekarang dan lakukan atau gunakan yang anda punyai. Menjadi orang hebat tidaklah penting, jangan sampai anda mengorbankan kedamaian yang anda punya hanya untuk kenikmatan sesaat semata. Bukan berarti anda kekuasaa atau achievement tidak penting, namun bukanlah harus menjadi motivasi hidup anda.

Berfikir Positif Terhadap Diri Sendiri

Terakhir berfikir positiflah pada diri sendiri, tentunya sulit untuk melakukannya terutama terhadap orang yang mempunyai masa lalu kelam. Namun dengan berfikir positif akan menambahkan energy pada anda untuk menjalani hidup. Tanamkan pada diri anda Bahwa “Saya Akan Menjadi Orang Hebat Dengan Menjadi Diri Sendiri ”

About the author

Faizuddin Ahmad

Faizuddin Ahmad

suka menulis, penyayang binatang, sedang mendalami dunia motivator dan public konsultan

Leave a Comment