Pengembangan Diri

Cara Ampuh Mencapai Aktualisasi diri

Faizuddin Ahmad
Written by Faizuddin Ahmad

Cara Ampuh Mencapai Aktualisasi diri – Menurut Abraham Maslow setiap manusia memiliki kebutuhan yang harus dicapai dalam hidupnya. Di mulai dari kebutuhan fisiologi (Physiological) meliputi kebutuhan pangan, pakaian dan tempat tinggal maupun biologis. kebutuhan akan rasa aman (safety) meliputi kebutuhan keamanan kerja, kemerdekaan dari rasa takut ataupun tekanan, keamanan  dari kejadian atau lingkungan yang mengancam. Kebutuhan akan kasih sayang dan rasa memiliki (Social) meliputi kebutuhan terhadap kasih sayang persahabatan, berkeluarga, berkelompok, dan berinteraksi. kebutuhan akan penghargaan (esteem) meliputi kebutuhan harga diri, status, martabat, kehormatan dan yang tertinggi adalah kebutuhan mencapai aktualisasi diri yaitu kebutuhan memenuhi keberadaan diri (self fulfillment) dengan memaksimumkan penggunaan kemampuan dan potensi diri. Setiap kebutuhan ini harus selaras dan berurutan bagaimana tidak jika salah satu kebutuhan tidak terpenuhi atau meloncat maka akan menimbulkan chaos pada individu dan keabnormalan individu yang menyebabkan  keberbedaan dengan norma-norma dimasyarakat.

Ketika semua kebutuhan telah terpenuhi maka kebutuhan aktualisasi diri di aktifkan. Maslow menggambarkan aktualisasi adalah peran yang harus dilakukan oleh setiap orang melalui potensi diri yang dimiliki. Setiap orang di berikan kelebihan  berupa potesi diri yang berbeda satu sama lain. Ada orang yang sejak lahir telah mengetahui potensi yang dimiliki, namun ada juga yang belum mengetahui apa yang menjadi potensi dirinya. Anda hanya perlu memahami dengan utuh siapa diri anda dan apa potensi diri anda. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mencapai aktualisasi diri

Pertama, Menjadi apa yang diri anda inginkan. Untuk dapat mencapai aktualisasi diri, anda harus megetahui diri anda, apa yang anda inginkan pada diri anda, Apa peran yang akan anda lakukan. Agar mencapai tujuan personal anda, mulailah untuk merasakan keterhubungan dengan diri sendiri. Anda bisa lakukan dengan membuat papan visi, buatlah tulisan yang menggambarkan diri anda sendiri di masa depan. Tempelkan pada dinding kamar anda sehingga anda bisa melihat setiap waktu. Anda juga bisa menuliskan pada buku diary, tulisan secara mendetail semua hal yang membuat anda merasa bangga atau terinspirasi pada diri anda. Setelah itu bayangkan anda sudah berhasil mencapai pribadi  yang anda inginkan. Anda bisa ceritakan bagaimana dan apa sebabnya anda meraih kesuksesan agar anda bisa mengevaluasi setiap harinya.

Setelah anda mendapatkan gambaran yang akan anda perankan di masa depan. Lihat papan visi yang telah anda buat dan bayangkan bagaimana cara anda mencapai impian anda. Tentukan nilai keyakinan pada diri yang  mengarahkan kepada tujuan anda. Indentiikasikan apakah nilai keyakinan anda  bertentangan pada norma-norma dimasyarakat atau tidak. Jika nilai keyakinan anda bermasalah maka anda harus meninggalkannya dan menggantinya. Usahakan anda menjalankan peran sesuai dengan passion anda. Jalankan apa yang membuat anda senang dan nyaman.

Kedua, Hidup berdasarkan nilai keyakinan. Anda mulai menjalankan hidup dengan prinsip-prinsip keyakinan anda. Buatlah tujuan anda berdasarkan kiteria SMART. S dari kata specific, m dari kata measurable artinya terukur, a dari kata attainable artinya tercapai, R dari kata realistic artinya realistis dan T dari kata timely artinya tenggat. Pastikan tujuan anda memenuhi kriteria SMART.

Anda bisa melakukan evaluasi secara berkala. Contonya ketika anda ingin melanjutkan jenjang S2 diluar negeri setelah kuliah S1 Namun ditengah jalan anda menikah. Maka anda harus mencari strategi baru agar tujuan anda tercapai. Pelajari apa yang anda dapatkan kemarin. Mana yang bagus dan tidak bagus. Sekali waktu kita perlu merenungkan diri tentang apa yang anda dapat kemarin. Anda bisa menuliskan di sebuah buku, tulis kebaikan yang telah anda buat hari ini dan satu lagi yang membuat impian anda menjauh, mulai mengevaluasi tuliasan anda. Kerjakan kebaikan-kebaikan yang mendukung tujuan anda dan hari demi hari hilangkan kebiasaan buruk yang membuat impian anda jauh dari harapan.

Ketiga, Mengasah Mental. Anda perlu mengasah mental anda untuk mencapai aktualisasai diri. Anda bisa dengan memulai melihat sisi positif dalam hal apapun. Orang-orang yang mampu berfikir positif cenderung lebih sehat baik jiwa maupun raganya. Menghargai diri sendiri dan mengakui bahwa diri anda berharga adalah cara mengembangkan pola pikir positif dan sehat. Hindari membanding-bandinkan diri sendiri dengan orang lain.

Biarkan diri anda berada dalam keadaan/peran yang ada pada lingkungan anda. Contohnya apabila anda mendapatkan kepercayaan untuk menjadi seorang pemimpin maka ambillah kesempatan ini. Kondisikan pada diri sendiri bahwa anda adalah pemimpin yang handal, bertanggung jawab dan amanah. Ketika kamu menerima anggapan buruk dari bawahan mu terima sebagai pembelajaran. Usahakan anda keluar dari zona nyaman anda bukan malah kabur. Selain anda akan mendapatkan hal baru juga akan mengasah mental pada diri anda

About the author

Faizuddin Ahmad

Faizuddin Ahmad

suka menulis, penyayang binatang, sedang mendalami dunia motivator dan public konsultan

Leave a Comment