Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

4 Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Studi ke Luar Negeri

Beasiswa Luar Negeri –  Banyak orang yang bermimpi melanjutkan kuliah ke luar negeri.  Namun, ketersediaan biaya menjadi faktor yang sering dipertimbangkan. Tak hayal banyak orang yang kemudian mundur untuk kuliah di luar negeri. Mereka lebih memilih kuliah di dalam negeri yang notabene lebih murah daripada di luar negeri.

Sebenarnya masalah biaya tak perlu lagi anda pikirkan, sekarang ini banyak institusi yang memberikan fasilitas beasiswa yang mungki bisa  anda jadikan sebagai jalan untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Namun, anda perlu ingat bahwasanya nilai beasiswa ini sangatlah besar, maka wajar jika anda akan berasing dengan puluhan ribu manusia yang ingin mendapatkanya juga, serta untuk mendapatkan beasiswa ini banyak penyelenggara yang menerapkan sejumlah persyaratan yang cukup ketat karena mereka tak mau beasiswa ini jatuh ketangan yang salah. Diharapkan yang menerima beasiswa memberikan manfaat yang besar bagi manusia lainnya di masa yang akan datang.

Pastikan anda memiliki motivasi yang kuat untuk mendapatkan beasiswa ini, maka anda perlu menyiapkan diri jauh-jauh hari agar nantinya proses seleksi berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan agar bisa mendapatkan beasiswa:

Memiliki Niat yang kuat

beasiswa luar negeri 4 Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Studi ke Luar Negeri Niat dan tekad yang kuat

Niat dan tekat

Ketika anda sudah mempunyai keinginan untuk melanjutkan studi ke luar negeri yang harus anda lakukan adalah jangan sampai keraguan dan kecemasan dalam diri  menguasai anda. Hal semacam ini jangan sampai sesekali terlintas dalam pikiran anda.

pastikan bahwa anda memiliki niat yang kuat untuk melanjutkan studi ke luar negeri, hal ini ini akan membuat anda terus bersemangat mengejar cita-cita dan mulai sekarang bersikaplah lebih dewasa dan tegas dalam mengambil keputusan termasuk dalam mengajukan beasiswa. Jika anda yakin akan keyakinan anda, maka kemungkinan besar anda akan merasa nyaman dan lebih siap saat tes.

Merencanakan lebih awal tujuan studi

beasiswa luar negeri 4 Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Studi ke Luar Negeri chapter pic02 1

Creat Study Plan

ketika anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri melalui beasiswa, maka terlebih dahulu anda sudah merencanakan pilihan studi yang akan anda ambil. Pastikan yang tepat dan sesuai dengan keinginan anda, jangan sampai anda kemudian hari salah mengambil jurusan  sebab hal semacam ini justru akan sangat beresiko terhadap masa depan anda. Selain itu anda juga harus mempetimbangkan tujuan universitas yang anda pilih , Apakah universitas yang anda pilih sesuai dengan jurusan anda? Peringkat berapa universitas yang anda pilih secara internasional? jangan sampai anda memilih univeritas yang nilai peringkatnya lebih rendah daripada universitas di dalam negeri.

Kumpulkan semua informasi apa saja perlengkapan yang dibutuhkan, bagaimana proses seleksinya. Hal ini sangat penting agar anda dapat mempersiapkan semua halnya dengan matang.

Ajukan Beasiswa

beasiswa luar negeri 4 Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Studi ke Luar Negeri SRC

Mengajukan Beasiswa

sekarang ini banyak beasiswa yang menawarkan biaya full untuk kuliah di luar negeri ada beasiswa unggulan dari kemkeu seperti LPDP, ada juga beasiswa dari kampus yang membuka beasiswa untuk orang asing seperti fullbright, Erasmus, DAAD, chevening dll.

Pastikan anda mimilih jenis beasiswa yang menurut anda tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda sehingga kuliah anda disana kelak akan memberikan dampak kepada Negara dan diri anda sendiri.

Kegagalan bukan akhir dari segalanya

beasiswa luar negeri 4 Tips Jitu Mendapatkan Beasiswa Studi ke Luar Negeri laugh1 24055

Bahagia

Di dunia ini selalu ada kemungkinan kegagalan, untuk itu ketika anda gagal mengajukan beasiswa incaran anda, jangan berkecil hati. Sebab kegagalan sunatullah, siapapun pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Belajarlah dari kegagalan yang anda alami dan berusahalah menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Jangan menyerah hanya karena mengalami satu kali kegagalan, yang perlu anda lakukan adalah selalu berusaha mencoba dan mencoba, sebab selalu ada kemungkinan ketika anda mencobanya kembali di amsa yang akan datang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: