Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

5 Cara Ampuh Menemukan Bakat Tersembunyi

Haloo sahabat wikiHai, Apakah kamu merasa diciptakan Tuhan tanpa bakat? Bertahun-tahun kamu berkonsentrasi mengerjakan berbagai banyak hal untuk menemukan bakat tersembunyi kamu, namun hasilnya kamu merasa bahwa itu bukan bakat kamu?

Setiap orang diciptakan Tuhan dengan bakat masing-masing, hanya saja kita tidak mampu mengasahnya sehingga bakat yang kita miliki tidak bisa muncul dan semakin mendalam bersemayam dalam diri. Kita terlalu sibuk bekerja sehingga melupakan akan bakat yang kita miliki. Padahal Bakat bisa menjadi potensi yang luar biasa jika bisa memanfaatkannya, dengan bakat yang kita miliki dapat memudahkan dan meningkatkan karir kita di masa depan

Menurut laporan Linkedl 2016. Pekerja di usia 51 tahun keatas 48% lebih memprioritaskan gaji yang tinggi dan posisi yang nyaman dibandingkan menyisihkan waktu mengasah bakat yang tersembunyi, begitu juga Generasi X 38 % dan diikuti Generasi Milenium 30 %. Artinya baik anak muda, remaja, atau orang tua meremehkan yang namanya bakat dalam diri.

Barangkali sudah waktunya untuk kita mengubah pola pikir yang demikian, berikut ini tujuh cara sederhana dan efektif menemukan bakat tersembunyi dilansir dari Carrier Addict

     1.Introspeksi Diri

Pernah kamu meluangkan waktu sebentar, Berhenti sejenak dari rutinitas kerja untuk melakukan meditasi melakukan intropeksi diri untuk mecoba mengidentifikasi siapa diri kamu sebenarnya?

Dengan mengaduk-aduk pikiran kamu, bertanya pada diri sendiri, mengintip melalui kenangan atau membuat daftar hobi favorit kamu, dengan begitu kamu akan menemukan apa yang menjadi kekuatan kamu.

  1. Keluar dari Zona Nyaman

kamu terlalu nyaman dengan pekerjaan mu? dan menolak untuk berubah. Tunggu dulu, hal itu bisa menjadi bumerang bagi diri kamu.Bagaimana kamu dapat memajukan hidup kamu jika kita tetap berpegang pada apa yang kita dapat sekarang daripada memilih untuk mengerjakan hal baru?

Melangkah keluar dari zona nyaman suatu keharusan jika kamu ingin menemukan bakat yang tersembunyi dalam diri kamu. kamu perlu mengambil risiko, mengumpulkan energi dan menahan rasa takut untuk melangkah maju.

cari tahu bagaimana kamu mengisi waktu ketika kamu tidak di kantor dan kemudian memprioritaskan hobi kamu sekarang, luangkan waktu kamu untuk menggali potensi diri; penemuan diri hanya membutuhkan ‘your time’, Cobalah aktivitas yang belum pernah kamu alami sebelumnya.

  1. Pengalaman Hidup

Ada satu hal lagi yang ingin dilakukan oleh kebanyakan orang, Namun biasanya terkendala dengan biaya, waktu, atau tanggung jawab, kamu ingin melihat dunia luar, melihat pemandangan eksotis, dan mempelajari budaya baru.

Dengan menjelajahi dunia luar, kamu akan disajikan dengan beragam tantangan, inspirasi, dan perjuangan. Misalnya, kemengunjungi kota kecil di sebuah daerah mungkin memberi kamu ide mmbuat untuk sebuah novel. Atau, sebagai contoh lain, panjat tebing mungkin mengharuskan kamu menguji ketahanan dan pemecahan masalah Anda.

  1. Mengidentifikasi Kelemahan dan Kekuatan

Apa yang kamu kuasai? Apa yang menjadi kelemahan kamu? Kamu tidak benar-benar tahu kecuali kamu memikirkannya dan menuliskannya. Dan inilah yang perlu kamu lakukan untuk maju.

Pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum tidur, sempatkanlah untuk mengambil pulpen dan kertas, buatlah garis besar kekuatan dan kelemahan kamu. Mungkin kamu pandai salam berretorika, public speaking dan bernegosiasi dengan oarang lain, namun disisi lain kamu tidak bisa datang tepat waktu, suka menunda pekerjaan.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa mereka tidak tahu cara memanfaatkan bakat mereka, tetapi dengan sedikit kesabaran, pemikiran, dan konsentrasi, kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kamu.

  1. Membuat Jurnal Harian

Pernahkah kamu berfikir untuk menuliskan kisah hidup kamu? Ini mungkin terdengar seperti narsisisme dan kamu mungkin merasa bahwa kamu tidak cukup menarik, tetapi jurnal harian dapat berfungsi sebagai wawasan ke dalam pikiran bawah sadar dan sebagai log ke masa lalu kamu. Ini adalah cara yang bagus untuk mengenal siapa kamu dan apa bakat kamu.

Kamu dapat membagi ke beberapa subyek, masa kanak-kanak, karir akademis, romansa, minat dan masa depan. Apa yang membuat hidup kamu layak dijalani, di manakamu melihat diri kamu dalam 10 tahun dan apa yang akan kamu lakukan jika uang tidak menjadi masalah, yang pasti kamu harus jujur dan tidak menipu diri sendiri ketika menuliskan karena ini adalah kunci untuk masa depan kamu kedepan.

Menentukan siapa diri kamu, menemukan minat baru, dan menemukan bakat terpendam dalam diri kamu pasti memerlukan proses yang panjang. Kesulitan dan rintangan pasti akan kamu jalani pada masa ini sehingga terkadang membuat kamu ingin mengakui kekalahan dan tidak mau keluar dari zona nyaman. Semakin kamu mencoba, semakin kamu akan mampu menangani kesulitan itu sendiri  dan ini adalah kekuatan yang dapat kamu banggakan.

Leave a Reply