Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

9 Universitas Terbaik Se-Indonesia Tahun 2018 Menurut QS University

Bagi kebanyakan orang melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri merupakan tujuan utama orang setelah lulus SMA. Namun, pastinya anda harus siap bersaing dengan banyak orang yang punya niat sama untuk kuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Sebenarnya tidak ada salahnya anda masuk di Perguruan Tinggi Swasta, jika memang terlalu susah dan ribet. Jangan salah lho sebenarnya baik universitas swasta maupun negeri kualitasnya tidak jauh beda. Bahkan tidak sedikit universitas swasta yang masuk rangking top univeritas dunia.

Berikut ini wikihai berikan 5 rangking Univeritas terbaik seluruh Indonesia berdasarkan QS University tahun 2018:

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) termasuk universitas tertua di Indonesia. Sebelum menjadi nama Universitas Indonesisa setelah kemerdekaan RI universitas ini bernama Universiteit van Indonesie.Menurut QS World University Rangking UI pada tahun 2018 menempati peringkat 277 dunia dan peringkat 54 se-asia, naik 13 level dari tahun sebelumnya. UI ternyata juga mempunyai Perpustakaan terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas 1,5 juta buku.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB tahun ini berada di rangking ke 331 dunia, dan untuk asia berada di peringkat 86 atau nomor 2 di Indonesia. ITB berdiri pada tahun 1920 yang saat itu sebagai cabang dari institute Teknologi Belanda Delft dan kemudian Perguruan Tinggi ini dikenal dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng. Kini ITB memiliki setidaknya 13 fakultas, yaitu: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam; Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati; Sekolah Farmasi; Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian; Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan; Fakultas Teknologi Industri; Sekolah Bisnis dan Manajemen; Fakultas Seni Rupa dan Desain; Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan; Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan; Sekolah Teknik Elektro dan Informatika; dan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas yang terletak di kota Gudeg ini saat ini berada di peringkat 401 dalam peringkat QS World University Rangkings dan peringkat 105 se-Asia. Universitas yang didirikan pada tahun 1949 ini mempunyai sekitar 50.000 mahasiswa yang terdaftar di 18 fakultas, termasuk 1.187 siswa asing.

Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga secara resmi berdiri sejak tahun 1954. Nama universitas ini dinamai Airlangga berdasarkan nama raja yang dikenal memerintah bagian timur kepulauan Indonesia dari tahun 109 sampai 1042 yaitu Raja Airlangga. Universitas yang terletak di Surabaya ini pada tahun 2018 berada pada rangking 701 menurut QS World University Ranngking dan sewilayah Asia berada di peringkat 171.

Institut Pertanian Bogor (ITB)

Institut Pertanian Bogor berdiri pada tanggal 1 September 1963 Institut dan merupakan satu-satunya universitas negeri yang berfokus pada pertanian tropis dan ilmu kehidupan dalam arti luas. IPB mempunyai 9 fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana, Sekolah Bisnis dan Program Diploma. Program Pascasarjana IPB dikenal juga  sebagai program studi pertanian yang paling komprehensif di Asia Tenggara. Menurut daftar peringkat QS World University Rankings, IPB merupakan universitas terbaik ke lima di tanah air, dan berada rangknig 751 dalam kancah global.

Leave a Reply