Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Tips Merubah Karir di Usia Paruh Baya

Ingin merubah karir? Meski sudah berusia lebih dari 45 tahun? tidak jadi masalah.  Meskipun usia mudah adalah usia yang produktif untuk menanjakkan karir, Namun menurut penelitian dari America Institute for Economic Research menunjukkkan bahwa peningkatan karir banyak juga dialami oleh pekerja paruh baya.

Mengapa perubahan karir sering dialami pada usia paruh baya

Banyak pekerja memilih untuk merubah karir mereka pada usia paruh baya, mengapa demikian karna pada usia yang terus bertambah mereka sering berfikir harus ada kehidupan yang lebih bermakna ketimbang sekedar duduk di kantor setiap hari dan berharap mendapatkan kenaikan gaji atau promosi sehingga mereka melakukan sesuatu yang lebih bermakna atau bermanfaat dengan waktu mereka. Apalagi di usia seperti itu mereka punya keluarga yang harus dinafkahi, mau tidak mau mereka harus bekerja keras untuk perubahan karir.

Cara merubah karir bagi pekerja paruh baya 

Tetap kompetitif dengan para pekerja muda

Membuat perubahan karir di usia paruh baya tidak lah mudah. Di dunia teknologi ini, anda harus bersaing dengan pekerja mudah yang tentunya lebih paham akan dunia IT.  Seorang pekerja paruh baya yang sedang  memulai kembali karir mereka di bidang baru akan menghadapi stereotip mengenai kurangnya pengetahuan tentang teknologi,  sehingga bagi pekerja paruh baya  memerlukan pelatihan tambahanuntuk meningkatkan skill mereka.

Untuk itu bagi anda yang sudah tidak muda lagi mengambil semacam sertifikat pelatihan dapat membantu anda tetap kompetitif dengan para pekerja muda.  Sumber –sumber pelatihan online seperti Skillshare dapat membantu Anda mempelajari teknologi baru seperti media sosial dan manajemen basis data. Periksa lowongan pekerjaan untuk melihat keahlian apa yang dicari oleh atasan, atau kunjungi profil LinkedIn para profesional di industri baru Anda untuk belajar di mana Anda harus lebih kompetitif. 

Berinteraksi dengan rekan kerja yang lebih muda

Bagi para pekerja paruh baya mungkin pindah kedunia kerja yang lebih professional sama saja dengan memulai kembali pekerjaan  dari O. Hal itu tentu menggangu mereka, terutama jika ini adalah pertama kalinya Anda berurusan dengan manajer atau atasan yang lebih muda dari Anda.

Dalam situasi ini, penting untuk bersikap rendah hati dan terbuka untuk menerima pengalaman memulai dari bawah. Rekan kerja yang lebih mudah dari anda Anda mungkin merasa sama tidak yakin tentang bagaimana berinteraksi dengan Anda secara profesional, namun jika anda menghargai kemampuan mereka dan mau berinteraksi dengan mereka sangat membantu anda dalam proses transisi.

Menemukan Kesuksesan dalam  karir baru.

Jika anda merasa sudah berusia 40, 50 an atau bahkan 60an dan menginginkan perubahan karir dalam hidup anda, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk berasumsi bahwa anda akan kalah saing dengan pekerja yang berusia 20 tahunan.

Apapun alasan Anda, perubahan karir di usia pertengahan adalah kesempatan untuk menemukan pekerjaan yang Anda sukai. dan itu memotivasi Anda. Tanamkan pada diri anda bahwa anda lebih sehat fisk dan mental daripada mereka yang berusia mudah  meskipun anda berusia 70 an atau bahkan 80 an.

Leave a Reply