Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Strategi Jitu Menulis Perencanaan Pengembangan Diri yang Baik!

Menulis rencana  masa depan anda akan memberikan anda kontrol terhadap masa depan anda yang lebih baik, anda akan membuat keputusan yang lebih baik setiap proses yang anda lalui. Biasanya orang yang gagal disebabkan karena mereka tidak punyai rencana dan strategi yang baik.

Anda tidak bisa terus menerus menyimpan rencana hanya dalam kepala anda, rencana dan strategi-strategi  yang anda buat akan mudah hilang, andapun akan cepat lupa.

Rencana pengembangan diri adalah suatu proses meningkatkan nilai dan kualitas diri untuk mencapai cita-cita yang diinginkan. Mengembangkan potensi diri tidak bisa sekejab mata, seperti halnya mengembangkan produk atau mendesain sesuatu yang baru, tidak mungkin selesai dalam semalam. Namun ada cara untuk mempermudahnya, yaitu dengan memiliki rencana strategi pengembangan diri sesuai kepribadian anda.

Berikut ini 5 langkah sederhana untuk mempermudah membuat rencana pengembangan diri yang baik menurut wikihai.com:

Tuliskan tujuan yang anda anggap penting bagi hidup anda

Langkah pertama adalah anda tuliskan lima sampai sepuluh tujuan yang anda anggap penting bagi hidup anda. Dari beberapa tujuan yang anda tuliskan, prioritaskan salah satu tujuan yang anda anggap paling penting. Tujuan yang anda anggap paling penting ini adalah tujuan utama anda dan akan menjadi fokus anda kedepan dalam melangkah. Mungkin anda ingin mempunyai perubahan karir, untuk mencapai hal tersebut tentu anda harus mempunyai kondisi fisik yang baik atau setidaknya menguasai ketrampilan baru.

Tujuan hidup anda akan membantu anda memperluas pengetahuan anda, mengembangkan ketrampilan baru atau meningkatkan bidang penting dari kehidupan anda

Menerapkan metode SMART.

Anda sudah memiliki tujuan hidup, tapi tidak tahu kapan anda ingin mencapainya. Kemungkinan besar tujuan anda tidak akan pernah kesampaian. Pun jika anda berencana untuk mencapai sesuatu yang besar tapi anda berharap dapat terselesaikan dalam waktu singkat. Hal ini kemungkinan besar juga tidak akan berhasil.

Dalam membuat perencanaan anda harus SMART, S:Spesifik, M:Measurable, A:Attainable, R: Realistic, T: Time Bound. Artinya anda harus reaslistik, spesifik membuat tujuan, terukur, bisa dicapai dan  terikat waktu. Daripada anda mengatakan” Saya ingin menjadi seorang jutawan suatu hari nanti,” lebih baik untuk membuat rencana untuk melipatgandakan penghasilan Anda setiap tahun ini.

Memahami kekuatan dalam diri anda dan tuliskan kekuatan yang dapat membantu anda mencapai tujuan.

Perilaku dan kebiasaan anda saat ini sangat mempengaruhi hasil dari tujuan yang anda buat. Untuk itu wajib bagi anda mengenali peluang dan ancaman yang bisa terjadi. Gampangnya jika anda ingin menyimpan uang banyak, maka anda dapat mulai mengelola uang anda dengan mencatat pengeluaran dan memulai memangkas uang untuk hura-hura.

Tuliskan 5-10 hal yang membuat anda berkomitmen untuk berubah. Beri tenggat waktu setidaknya selama tiga bulan.

Stop Writing and Action

Jika anda ingin mengembangka karir maka anda harus belajar ketrampilan baru, jika anda ingin memulai bisnis baru, anda harus mulai belajar tentang pemasaran, penjualan, kewirausahaan, keuangan serta manajemen

Agar anda selalu termotivasi untuk mencapai tujuan anda, maka anda bisa mencatat semua kemajuan serta kemenangan kecil yang telah anda raih. Jika disuatu saat anda menemukan kendala, atau sesuatu yang tidak berjalan dengan baik, penting bagi anda menemukan solusinya dan mencoba sesuatu hal dengan berbeda. Anda perlu mengubah strategi yang digunakan. Jika anda kerap melakukan hal yang sama, kemungkinan besar anda akan mendapatkan hasil yang sama. Jika anda ingin hasil yang lebih baik maka anda perlu mengubah cara dalam melakukan sesuatu.

Ukur kemajuan Berkala

Untuk meliahat seberapa besar kemajuan pengembangan diri anda maka perlu bagi anda untuk selalu mengukur kemajuan diri anda dengan membuat rencana pengembangan diri yang baru setiap tahunnya.

Leave a Reply