Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Langkah Jitu Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Berdasarkan hasil riset bahwa 25 persen karyawan menganggap bahwa pekerjaan mereka merupakan penyebab utama stress mereka. Stres  tisak selalu dinilai buruk, stress bisa menjado motivasi bagi anda untuk menyelesaikan tugas dengan cepat dan efektif. Namun, ketika anda mengalami stress yang terlalu berat dapat berdampak buruk pada kinerja anda di tempat kerja dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari anda. Pekerja yang stres adalah pekerja yang tidak bahagia, dan pekerja yang tidak bahagia dalah pekerja yang tidak produktif. Berikut ini beberapa langkah yang dapat membantu anda mengatasi stress ditempat kerja dengan baik.

Identifikasi Penyebabnya

Ini Mungkin bagi anda tampak sederhana, Namun dengan anda mengidentifikasi akar dari penyebab masalah anda  akan membantu memulai proses menghilangkan stress yang anda alami. Menurut American Psychological Association, beberapa penyebab stes kerja adalah gaji yang rendah, beban kerja yang berlebihan, sedikit kesempatan untuk mengembangkan karir, pekerjaan yang kurang menantang dan kurang dukungan dari rekan kerja .

Isu-isu diatas jika tetap di biarkan akan menyebabkan efek negative bagi kesehatan fisik anda, anda mungkin akan mengalami sakit kepala, sakit perut,  gangguan susah tidur, daya konsentrasi menurun  dan temperamen yang tinggi. Stres yang lebih kronis mengakibatkan kegelisahan, insomnia, tekanan darah tinggi dan system kekebalan tubuh yang lemah.

Ini disebabkan karena orang-orang yang mengalami stes berlebihan sering menanganinya dengan cara yang tidak sehat seperti merokok, menyalahgunakan narkoba, alcohol dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Cobalah anda untuk lebih meningkatkan kesadaran diri anda terhadap masalah-masalah yang anda alami, dengan kesadaran diri tersebut memungkinkan anda untuk mengidentifikasi hal-hal yang memicu keadaan pikiran stress dan secara aktif akan bekerja untuk menemukan cara-cara yang lebih baik dalam mengurangi stress.

Ubah gaya kerja dan kouminkasi dengan rekan kerja

setelah anda selesai mengidentifikasi penyebab masalah anda, tentukan cara anda bekerja dan berinteraksi dengan rekan kerja anda. sedikit perubahan pada gaya komunikasi dan cara kerja anda dapat menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar anda dan yang paling penting menghilangkan beberapa kecemasan yang anda hadapi.

Bersosialisaislah dengan rekan kerja anda. Apakah anda memiliki hubungan persahabatan dengan rekan kerja anda, ataukah anda hanya membungkam di layar komputer anda dan menghindari kontak? anda tidak harus menjadi kupu-kupu sosial dan mencapai happy hour setiap minggu, namun membuat obrolan ringan dengan rekan kerja sebenarnya bisa membuat anda lebih rileks dalam bekerja. Bawalah topik yang ringan, menarik dan mulailah untuk mengawali obrolan. Menurut Austin Paley, wakil presiden pemasaran eksekutif di Podible hal Ini juga dapat bermanfaat untuk produktivitas kerja dan pelepasan stress anda.

Berikan Waktu lebih banyak untuk diri sendiri

Rutinitas sehari-hari yang monoton  berperan aktif terhadap tingkat stres anda. Melalukan Break of Your habit dapat membuat anda menjadi  lebih baik dan membantu anda merasa lebih nyaman selama hari kerja. Berikut beberapa kebiasaan yang bisa anda adopsi:

  • Break Schedule kebiasaan sehari-hari anda

Jika anda selalu terpaku pada kursi anda sepanjang hari dan tidak pernah memberikan waktu luang buat diri sendiri diluar pekerjaan, kemungkinan besar anda akan meningkatkan stres anda. “Berjalan-jalan, ambil kopi atau meluangkan waktu untuk duduk dan makan siang,”kata paley dapat memberikan waktu untuk anda membersihkan beban pikiran.

  • Meluangkan waktu untuk memelihara diri secara fisik, mental dan emosional

john koeberer, pengarang buku “Green-Lighting your Future,” mengatakan bahwa mengatur hidup sehat dengan olahraga teratur, menngkonsumsi makanan sehat, latihan spiritual yang baik dapat membantu anda mengatasi stress yang kronis menuju kesuksesan kerja.

Leave a Reply