Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

4 Karakteristik Manajer Yang Baik: Tips Bagi Manajer Baru

Ketika anda menjadi seorang manajer baru di sebuah perusahaan dan ditambah anda belum mepunyai pengalaman menjadi manajer sebelumnya, butuh waktu bagi anda untuk menyesuaikan diri dengan posisi baru di tempat kerja, sebagai seorang manajer anda berarti mempunyai tanggungjawab dalam membimbing seluruh tim menuju kesuksesan, namun, alih-alih sebagai pengawas kerja karyawan, anda malah menjadi orang yang dituju oleh orang lain.Berikut ini beberapa karakteristik manajer yang baik menurut businessnewsdaily.com:

Kolaborasi

Sebagai seorang manajer anda harus tahu bahwa kerja tim sangat penting bagi bisnis yang anda pimpin, dengan menerapkan kerjasama tim dapat menciptakan budaya perusahaan yang lebih ramah dan mendukung. Menurut Summer Salomonsen, chief learning officer di Grovo, sebuah perusahaan konsultan bisnis, mengusulkan bahwa seorang manajer harus memberikan  tugas pendelegasian dan pembinaan kepada karyawannya, mendorong komunikasi dan umpan balik melalui pertemuan rutin satu lawan satu, dan memprioritaskan kepercayaan di antara tim, dengan malakukan kolaborasi setu sama lain selain memberikan kemudahan dalam menyelesaikan proyek juga dapat mengompakkan sesama pekerja di perusahaan yang anda kelola. 

Berorientasi pada pertumbuhan

Sebagai seorang manajer anda harus mampu membantu karyawan anda untuk maju. Kenali karyawan anda secara mendalam sehingga anda dapat membantu mereka memanfaatkan minat dan bakat mereka. Temukan apa yang menjadi keahlian karyawan anda dan mulai dengan membantu mengembangkannya.

“Manajer yang efektif mengambil pendekatan yang berorientasi pada pertumbuhan terhadap pengembangan karyawan, menantang diri mereka sendiri dan laporan mereka untuk memperbaiki kinerja mereka dan menanggapi kemunduran,” kata Salomonsen. 

Bersikap Inklusif

Anda harus memastikan bahwa karyawan yang anda beri tugas untuk menyelesaikan proyek yang anda berikan merasa nyaman melakukanya. Demi  meningkatkan kreatifitas karyawan para manajer harus menciptakan budaya inklusif di mana setiap orang bisa menyuarakan pendapat dan gagasan mereka dan bantu tim anda mengatasi stress yang berhubungan dengan pekerjaan.

Memimpin dengan memberikan contoh sangat bagus untuk karyawan anda.  Bukan karena anda seorang manajer bukan berarti anda hanya menyuruh karyawan anda menangani proyek, Mulailah dengan percakapan dan diskusikan masalah yang dihadapi karyawan anda.

Menjadi Pengemudi yang baik

Setiap karyawan pasti ingin merasa dihargai, jika mereka merasa tidak dihargai dengan pekerjaan yang mereka kerjakan, mereka tidak akan terlalu termotivasi mengerjakan pekerjaan tersebut Para manajer harus mendorong agar setiap karyawan selalu termotivasi dalam bekerja dengan menyelaraskan pekerjaan karyawan dengan tujuan perusahaan dan memberikan penghargaan kepada setiap anggota tim yang mampu menyelesaikan pekerjaanya. Anda harus menyelarsakan antara tujuan individu dan tujuan perusahaan, selalu mengingatkan bahwa setiap pekerjaan mereka sangat penting. Tunjukkan penghargaan

Leave a Reply