Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Ingin Menjadi Dosen? Persiapkan 6 Syarat Ini!!

Menjadi seorang dosen merupakan salah satu profesi mengajar yang ssering di minati orang selain, guru. Untuk menjadi dosen tidak semudah membalikkan tangan. Ada beberapa hal persyaratan yang harus anda persiapkan .Tekad dan kerja tinggi menjadi modal awal anda agar impian anda dapat tercapai dengan mudah. Selain itu, anda harus melengkapi  beberapa persyaratan khusus, syarat khusus ini pun bukan syarat yang susah, siapapun dapat melakukannya. Apa saja syaratnya? Berikut ini wikihai paparkan untuk anda:

Selesaikan Kuliah S1 anda dengan benar dan cepat.

Agar anda bisa menjadi  seorang dosen dengan mudah,  anda harus menyiapkannya jauh-jauh hari, dimulai dari anda harus cepat menyelesaikan S1 anda. Ketika anda bisa dengan cepat menyelesaikan jenjang Strata satu anda maka akan semakin cepat anda meneruskan jenjang pendidikan berikutnya. Karena untuk menjadi seorang dosen minimal anda harus mempunyai gelar master.

Selain itu, syarat khusus menjadi dosen juga  harus maksimal berusia 35 tahun saat mendaftar. Dengan anda lulus cepat akan membuat anda bisa segera mendaftarkan diri lebih cepat.

Menjadi Asisten Dosen

Menjadi dosen berarti anda harus siap mengajar, menyampaikan informasi yang anda punya dan dimengerti oleh orang lain. Untuk mengasah kemampuan mengajar anda, ambilah kesempatan menjadi Asisten Dosen di kampus anda. Dengan menjadi asisten dosen anda  bisa mengetahui apa saja tugas dosen. Tahu sedikit tentang  dunia perkampusan, pastinya akan membuat anda benar-benar terjun menjadi dosen, mengajar mahasiswa sungguhan. dengan begitu mental anda pun akan lebih terbiasa dan saat mengajar senungguhan anda akan lebih terbiasa.  Menjadi asisten dosen juga bisa menjadi salah satu portofolio anda ketika anda melamar menjadi dosen sungguhan.

Jika Tidak Bisa Menjadi Asisten Dosen, Coba Manjadi Guru Les

 Menjadi guru les menjadi salah satu cara lain mengasah kemampuan mengajar anda jika anda tidak bisa menjadi Asisten Dosen. Ketika menjadi dosen anda tidak akan lepas dari dunia mengajar, malahan jika menjadi dosen anda akan menghadapi mahasiswa yang berfikir kritis berbeda dengan menghadapi anak didik yang masih SD, SMP atau SMA. Mental anda benar-benar di uji dalam hal ini.

Oleh karena itu, dengan menjadi guru les setidaknya akan membantu anda agar terbiasa dengan dunia ajar sehingga anda tidak akan kaget jika anda menjadi dosen yang selalu berputat dengan dunia mengajar. Anda juga bisa menemukan metode-metode mengajar yang tepat sesuai dengan gaya anda.

Bersiap melanjutkan kuliah S2

Syarat khusus menjadi dosen adalah anda harus melanjutkan studi S2. Saat ini syarat utama jika anda ingin menjadi dosen adalah minmal anda menyelesaikan S2 linear sesuai dengan program studi S1 anda, Meskpin ada beberapa perguruan tinggi yang menerima dosen dengan gelar S1. Tetapi, setelah itu anda harus tetap melanjutkan kuliah demi mendapat gelar magister. Syarat khusu ini bertujuan agar kualitas dari Pendidikan Tinggi Indonesia lebih bagus lagi.

Jika anda merasa tidak punya biasa untuk melanjutkan magister, anda bisa mencari beasiswa dari beberapa universitas atau dari pemerintah. Bahkan sekarang lembaga-lembaga  swasta  juga menawarkan beasiswa  bagi mahasiswa yang berprestasi.

Skor TOEFL diatas 500

Hal lain yang perlu anda ketahui syarat menjadi dosen adalah Skor TOEFL anda harus diatas 500. Bahkan Perguruan Tinggi Negeri biasanya juga mempersyaratkan Skor ELTS.  Untuk Skor TOEFL sebagai syarat Dosen Perguruan Tinggi Negeri minimal harus 500 sementara ELTS harus minimal 5.5. Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Swasta untuk Skor TOEFL minimal 500 tanpa minimal Skor ELTS.

Untuk mempersiapkan itu semua setidaknya anda harus mempersiapkan diri dengan mengikuti lest-lest Persiapakan Pra Test TOEFL dan ELTS semenjak anda kuliah S1. Dengan demikian akan melancarkan anda menjadi dosen.

Memiliki Satu Artikel Jurnal.

Syarat menjadi dosen selanjutnya adalah memiliki satu artikel jurnal. Jika anda ingin mengajar di Perguruan Tinggi negeri salah satu syarat yang harusa nada penuhi adalah anda menerbitkan jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional. Jadi mulai sekarng anda bisa mempersiapkan diri dengan membuat artikel jurnal anda, sehingga anda sudah mempunyai bekal untuk menjadi dosen.

Leave a Reply