Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Ingin Lulus Kuliah Tepat Waktu? Yuk Lakukan 5 Langkah Jitu Ini!!

Kuliah tepat waktu menjadi mitos di dunia perkuliahan. Mengapa demikian? itu disebabkan karena dunia perkuliahan berbeda dengan sekolah menengah atas. Di sekolah menengah atas biasanya orang pintar di lihat dari ranking yang didapat dari sekolah. namun, di dunia perkuliahan orang dilihat dari seberapa cepat mereka lulus menjadi sarjana. Karena di perkuliahan belum tentu orang pintar dan cerdas itu lulus tepat waktu, hanya butuh orang yang giat dan sabar mengerjakan skripsi.

Berikut ini beberapa strategi yang bisa anda ambil agar kuliah anda tidak molor, yuk langsug simak!

Menjalin  Hubungan Baik dengan Dosen

Akrab dengan dosen terutama pembimbing skripsi anda akan membuat skripsi anda lebih lancar, Ketika anda akrab dengan dosen membuat anda akan terlihat eksis di mata mereka, manfaatkan kedekatan anda dengan banyak bertanya tentang hal-hal yang belum anda ketahui sebelumnya. Jika dosen menyukai anda, beliau pasti akan berbaik hati memberikan nilai bagus kepada anda.

Jangan Meremehkan KHS

Jika anda ingin lulus tepat waktu 3.5 tahun anda harus memperhatikan KHS anda, sudah berapa banyak SKS yang anda ambil, apakah sudah memenuhi syarat dari fakultas anda, sebagai contoh ketika anda akan mengajukan skripsi biasanya ada syarat yang mewajibkan anda untuk memenuhi SKS wajib dari semester pertama hingga akhir. Meskipun anda sudah menyelesaikan mata kuliah prasyarat skripsi, tetapi jika jumlah SKS anda tidak memenuhi syarat, maka anda tidak bisa mengikuti sidang skripsi.

Buatlah Tema Skripsi sesuai dengan kemampuan anda.

Pastikan tema Skripsi yang anda ambil sesuai dengan minat dan kemampuan yang anda miliki. Ibarat kata tidak ada hasil maksimal tanpa ada kecintaan didalamnya. Dengan anda memilih tema sesuai dengan minat maka secara tidak langsung anda akan menikmati apa yang sedang anda kerjakan, jadi anda akan merasa tidak ada beban untuk mengerjakan skripsi anda.

Berteman dengan orang positif

Temanmu sekarang mencerminkan anda di masa depan, itu lah pepatah yang sering kita dengar. berteman dengan orang yang rajin akan membuat anda terpengaruh dengan energy positif yang mereka pancarkan. Misalnya ketika anda berteman dengan orang yang rajin dan mempunyai motivasi lulus tepat waktu sadar tak sadar akan membuat anda merasa malu jika kurang belajar dan akhirnya anda akan mengikuti ritme teman anda menjadi orang yang rajin. Strategi ini sangat jitu jika anda ingin lulus cepat.

Mendahulukan kuliah dibandingkan urusan lain

Ketika anda ingin menjadi mahasiwa yang lulus tepat waktu berarti anda harus mampu mendahulukan urusan kuliah di bandingkan urusan lainnya. Anda harus bisa bijak an tegas untuk menolak ajakan-ajakan teman yang anda rasakan menggangu kuliah anda. Jangan membuat alsan-alasan yang mebenarkan diri sendiri dengan bersenang-senang, namun anda akan menyesal kemudian hari.

Leave a Reply