Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Hal Yang Perlu DiKetahui Manager untuk Mengelola Karyawan Introvert!

Setiap perusahaan pasti memunyai berbagai macam tipe dan karakteristik kepribadian, semua karyawan memiliki wawasan dan ketrampilan unik yang berbeda-beda. Namun, ada beberapa karyawan membutuhkan lebih banyak dukungan dan bantuan dalam bekerja. Sangat penting bekerja tim dengan kekuatan dan kelemahan setiap orang sambil memastikan mereka merasa nyaman dan dihargai di tempat kerja.

Hal ini terutama ditunjukkan kepada karyawan yang pemalu atau introvert. Individu yang mempunyai sikap introvert memiliki kebutuhan managemant yang berbeda daripada yang lainnya. Berikut ini cara memanajemen atau memahami para pekerja ini supaya mereka dapat mengeluarkan kekuatan diri mereka untuk membantu kesuksesan perusahaan dilansir .

Jangan Membuat Mereka Diam Saja

Karyawan pemalu mungkin akan diam saja dikantor jika tidak ada arahan pekerjaan dari atasan, mereka menghindari konfrontasi dan tidak mau berbicara duluan dengan rekan kerja di kantor. Inilah bagian dari kepribadian mereka, jadi janganlah berasumsi negatif tentang hal itu, hanya karena karyawan pasif bukan berarti mereka tidak mau terlibat dalam pekerjaan

Jika anda sudah merasa terganggu dengan kesunyian mereka, pahamilah bahwa beberapa karyawan seperti mereka memerlukan lebih banyak waktu daripada yang lain untuk memuaskan atasan. Mereka butuh adaptasi, menyesuaikan lingkungan baru yang menurut mereka berbeda dari kepribadian mereka.

Seorang manager harus tahu bahwa setiap orang memiliki pendekatan sendiri terhadap pekerjaan, Manajer harus mengerti bahwa karyawan pemalu memiliki metode dibalik kesunyian mereka.

Menurut Andee Harris, chief engagement officer perusahaab HigGround mengatakan karyawan pemalu lebih cenderung berfikir sebelum mereka berbicara dan bertindak, yang dapat membantu mereka mengambil keputusan yang tepat. Mereka juga umumnyanya seorang pemikir dan perencana yang kreatif.

Beri Mereka Ruang, Tunjukan Dukungan Anda

Jika anda ingin karyawan introvert anda merasa bekerja dengan nyaman di perusahaan, berikanlah mereka ruang  dan buatlah mereka tahu bahwa anda berada di sampingnya jika ada masalah.

Pertemuan touch-base satu lawan satu ideal bagi karyawan pemalu karena mereka lebih nyaman berinteraksi secara privasi dan tidak menyukai keramaian. Memberikan mereka otonom dan ruang tersendiri bagi mereka dan terus mendorong dukungan terhadap mereka merupakan cara-cara yang efektif untuk mengembangkan potensi kerja mereka. Mengembangkan hubungan dengan karyawan introvert sama halnya mengembangkan hunungan dengan pekerja lainnya, Karyawan seperti ini membutuhkan lebih banyak perhatian untuk memahami kebutuhan mereka.

Selain itu seorang manajer tidak hanya harus meluangkan waktu untuk mengetahui kebiasaan dan kekuatan komunkiasi karyawan  pemalu, manager juga harus tahu kapan dan dimana karyawan mereka melakukan pekerjaan terbaiknya.

Misalnya, jika karyawan ini lebih memilih pekerja yang lebih soliter, aturlah satu atau dua hari dalam seminggu di mana mereka memiliki kesempatan untuk bekerja dari rumah atau mungkin menciptakan tempat yang sepi bagi mereka di kantor.

Meminimalkan Kecemasan

Komunikasi sangat penting di tempat kerja, Namun seringkali komunikasi menjadi sumber kegelisahan bagi karyawan pemalu. Karyawan pemalu lebih menyukai komunikasi asychronous dengan orang lain.

Dengan begitu seorang manajer harus memanfaatkan alat seperti IM, SMS dan bentuk komunikasi lainnya yang memungkinkan karyawan lebih bisa menyalurkan ide dan gagasan mereka.

Ketika ada pertemuan, presentasi atau acara khusus rapat kerja, bawalah mereka untuk mendiskusikan pilihan terbaik yang tidak akan menimbulkan kegelisahan. Penelitian menunjukkan bahwa beberapa situasi sosial dapat memicu kecemasan bagi orang-orang yang pemalu, hal ini justru menyebabkan mereka menarik diri dan tidak mengeluarkan potesnsi terbaik mereka, oleh Karena itu, seorang  manajer harus mengenal karyawan mereka dengan membangun hubungan dengan mereka dan menyadari situasi di mana mereka bisa berkembang dan tidak berkembang. Yang terpenting, jangan mencoba mengubah individu. Janngan sekali-kali berfikir bahwa anda akan mengubah orang introvert menjadi ekstrovert.

Leave a Reply