Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

5 Cara Efektif Mengendalikan Kehidupan Kerja

Bagi kebanyakan orang, bekerja adalah hal utama dalam kehidupan, dengan anda bekerja anda bisa tetap hidup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, pekerjaan bukanlah segala-galanya bagi kehidupan anda, hidup anda akan sia-sia jika kerena pekerjaan anda mengorbankan keluarga yang anda cintai, misalnya anda bekerja terlalu keras berangkat kerja pagi sampai menjelang malam danh seterusnya setiap hari, akibatnya keluarga anda kurang mendapatkan perhatian dari anda, waktu buat keluarga tidak anda penuhi.

Setiap orang butuh waktu untuk berfikir, rileks dan istirahat, jika anda terlalu over working produktivitas hanya akan menurun. Anda harus bisa memisahkan antara kehidupan pribadi anda dengan pekerjaan untuk mencapai keseimbangan kebahagiaan.

keseimbangan bukan berarti membangun dinding yang tak tertembus antara kehidupan pribadi dan professional, namun menemukan cara bagaimana menghubungkan dan mengintegrasikan keduanya. Elizabeth Dulberger, CEO Dulberger Group mengatakan”saya percaya bahwa pekerjaan dan kehidupan pribadi dapat diseimbangkan ketika pekerjaan anda diperlakukan”. Anda dapat menggabungkan kehidupan keluarga, hiburan dan kehidupan santai anda dalam pekerjaan anda. Berikut ini 5 cara merasakan lebih banyak kendali atas keseimbangan kehidupan kerja anda menurut businessnewsdaily.com

Tetapkan batasan

Kebanyakan orang seringkali kurang memiliki kemampuan untuk memprioritaskan dan menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan keluarga. Akhirnya hanya akan merugikan kehidupan pribadi anda. Anda harus berani bernegosiasi kepada bos anda tentang pekerjaan yang diberikan jika dirasa berat bagi anda. Banyak orang takut untuk menetapkan batasan-batasan kerja, mereka takut mengajukan pertanyaan-pertanyaan semacam ini karena takut tidak disukai atau dianggap tidak professional.

Melupakan pekerjaan kantor

Berhenti sejenak mengerjakan pekerjaan kantor dan mengambil bagian untuk liburan bersama kelurga tercinta akan memungkinkan anda pulih dari stress mingguan dan memberikan anda ruang untuk merefleksikan otak, selain itu akan mengsi ulang fisik dan mental anda. Jika anda dikelilingi oleh orang-orang yang perhatian dengan anda, mengambil cuti seperti ini akan mudah dilakukan

Untuk meredakan stress karena pekerjaan kantor anda bisa dengan melakukan meditasi setiap pagi selama 10 menit, hal ini akan memberi anda awalan baik untuk menjalani aktivitas hari-hari anda.

Buat rutiinitas sehari-hari dan patuhi!

Mematuhi dan melaksanakan daftar rutinitas harian anda akan membuat anda tetap dijalur untuk mencapai keseimbangan kehidupan yang anda inginkan. Menurut Lewis Howes, pengusaha dan penulis “The School of Greatness”, menerapkan kebiasaan yang kuat, seperti tidur 8 jam, tidak memeriksa email dijam-jam tertentu, keluar rumah dan mengambil waktu untuk bekerja dengan benar, akan membuat anda lebih sehat dan bahagia.

“ini benar-benar akan mencerminkan kejernihan mental anda, kemampuan emosional, hunungan anda dan kreativitas anda”kata Howes. Inilah cri-ciri orang sukses.

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Penting untuk anda menyisihkan satu jam dalam seminggu anda untuk melakukan sesuatu untuk diri anda. Pekerjaan bukanlah segala sesuatu yang patut anda pikirkan terus menerus seumur hidup yang akibatnya anda tidak bisa menikmati masa hidup anda untuk bersenang-senang. Anda harus memprioritaskan aktivitas atau hobi yang membuat anda bahagia.

Monique Tantum, CEO  Beautiful Planning Marketing & PR mengatakan “Ketika (kami) merekrut pegawai, kami bertanya tentang rincian seperti buku yang sering dibaca oleh pelamar, hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya mereka memiliki kepentingan di luar kehidupan kerja. Tantum menyarankan untuksekedar  membaca buku, berpergian dan membina hobi yang tidak ada hubungannya dengan karir anda.

Luangkan waktu untuk keluarga atau sahabat.

Seberapa banyak waktu dan energy anda habiskan untuk keluarga memiliki hubungan langsung dengan seberapa sukses anda dalam mencapai keseimbangan kehidupan kerja. Menghabiskan waktu bersama keluarga, teman atau sahabat akan membawa kegembiraan dalam hidup anda. Meskipun pada awalnya tidak tampak jelas, namun ternyata kenangan yang anda ciptakan saat menghabiskan waktu bersama orang-orang yang anda cintai akan membantu anda memicu gagasan dan  cara berfikir baru.

 

Leave a Reply