Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Keahlian Yang Harus dimiliki Seorang Manager Menurut Google.

Perubahan dari karyawan biasa menjadi seorang manajer bukanlah perkara mudah, meskipun dikala jadi karyawan anda merupakan karyawan yang terampil sehingga di promosikan menjadi seorang manager, belum tentu anda akan menjadi seorang manajer yang hebat seperti ketika menjadi karyawan biasa. Kinerja yang berbeda menjadi faktor utamanya, sebagai manajer setidaknya anda harus mempunyai softskill kepemimpinan, ketrampilan mengatur orang lain, dan berfikir kreatif dan inovatif.

Google pernah melakukan sebuah studi dengan menganalisi 10.000 manajer unggulan dan menemukan fakta bahwa mereka mempunyai beberapa kebiasaan efektif yang sama. Berikut ini kebiasaan efektif yang harus dimiliki manager  menurut Inc.com

Pola berfikir dan nilai moral

https://www.salesforce.com

Berdasarkan penelitian Dr. Carol Dweck, seorang professor psikologi dari Stanford University, Google mengembangkan pola pikr berkembang untuk para calon manager barunya. Dengan Pola pikir berkembang anggapan mereka bahwa kecerdasan dapat diolah. Ide ini dapat mengembangkan pemimpin untuk lebih bersemangat untuk belajar, menantang diri, mau bereksperimen dan akhirnya dapat meningkatkan kinerjannya.

Google sangat mendukung untuk para managernya memegang dan mepraktekkan nilai-nilai moral yang mereka percayai dan dapat mereka aplikasikan dalam gaya kepemimpian mereka. Tujuannya agar mereka dapat menemukan makna lebih dari pekerjaan yang dijalankan dan menjadikannya sebagai panutan ketika mendapatkan masalah kerja yang sulit.

Mengutamakan kecerdasaan emosional (EQ)

rapidlearninginstitute.com

Per Daniel dan Richard Boyatzis mengutarakan bahwa EQ kemampuan untuk mengenali dan memahami diri sendiri dan orang lain dan memanfaatkannya untuk mengelola perilaku dan hubungan dengan orang lain. Dengan kata lain manager yang mempunyai EQ tinggi dapat menggunakannya dalam mengambil keputusan yang lebih baik, berkomunikasi lebih efektif dan lebih dapat diandalkan.

Goleman melaporkan bahwa kepemimpinan yang mengandalkan EQ dapat mendorong 20-30 persen kinerja organisasi.

Mengarahkan, bukan memerintah

eqpower.ch/

Berdasarkan riset, Google berpendapat bahwa keahlian utama seorang manager yang berkualitas adalah mereka yang mempunyai kemampuan sebagai seorang mentor atau Coach. Mentor yang baik adalah memberikan umpan balik secara regular, member kritikan keras yang mudah dicerna dan flaksibel dalam menghadapi gaya komunikasi yang berbeda-beda dari masing-masing pegawai.

membuat keputusan yang efektif

keycommercialfinance.co.u

google mendukung para manajernya untuk aktif melakukan uji coba terhadap ide dan mengumpulkan feedback sebanyak-banyaknya untuk memecahkan masalah dari sudut pandang masing-masing orang. Agar dalam mengambil keputusan berjalan lancar, mereka diminta memahami secara jelas masalah yang dihadapi, solusi dan efek dari keputusan yang diambil.

Leave a Reply