Tipe Pekerja Seperti Apakah Anda, Semut atau Lebah?

/, Pengembangan Diri/Tipe Pekerja Seperti Apakah Anda, Semut atau Lebah?

Tipe Pekerja Seperti Apakah Anda, Semut atau Lebah?

Semut dan lebah terkenal sebagai hewan pekerja keras. Namun, kedua hewan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga manusia ada beberapa tipe pekerja di dunia kerja. Pertanyaanya, Tipe pekerja seperti apakah anda ini? semut atau lebah? berikut ini perbedaan tipe bekerja antara semut dan lebah dliansir www.careeraddict.com

Semut

Semut adalah tipe pekerja yang patuh terhadap atasan, mereka siap menyingsingkan lengan baju untuk melakukan perintah apapun yang diperintahkan tanpa kenal waktu. Pekerjaan sekecil apapun akan mereka selesaikan dengan penuh dedikasi, kerja keras dan semangat tim.

Ibarat di sebuah perusahaan, semut merupakan mur dan baut yang menjaga semuanya tetap bersama. Mereka adalah roda gigi yang membuat mesin organisasi tetapa berjalan. Mereka tipe pekerja yang loyal, mereka akan bertahan dalam koloni yang sama meskipun sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun di sana. Mereka tahu, siapa yang melakukan apa, siapa yang pandai dalam hal apa dan apa perannya.

semut tidak peduli pekerjaan  apa yang mereka lakukan. Dalam benak mereka terserah bos memerintahkan seperti apa, mereka selalu patuh terhadap perkataan bos karena semut  merasa aman jika berada di koloni dan nyaman jika bersama-sama dengan semut lainnya.

Lebah

Sedangkan lebah merupakan tipe pekerja yang flamboyan, ambisius, tidak takut mengambil resiko, dan berani mencoba hal baru. Mereka bisa bekerja sendiri jika dibutuhkan , Merekapun bisa beradaptasi, dan  bekerja dengan tim. Mereka mempunyai senjata dan tahu bagaimana menggunakannya jika dirasa ada yang menggangu. ketika tidak bahagia di koloninya, mereka akan membuat keributan.

tipe-pekerja-seperti-apakah-anda-semut-atau-lebah

tipe-pekerja-seperti-apakah-anda-semut-atau-lebah

Lebah adalah inovator. Mereka mampu membuat perubahan, Jika atasannya tidak sesuai dengan pemikirannya maka lebah berani menantang atasannya. Para lebah tidak mudah puas dengan satu hasil. Mereka tetap terbang dari satu bunga ke bunga lain untuk mencari madu. Ibarat seorang pegawai mereka tidak puas dengan satu proyek. Jika proyek satu terselesaikan, mereka akan mencari dan membereskan proyek lain. Namun, mereka cukup ribet, pegawai seperti lebah adalah seorang perfeksionis yaitu ingin menghasilkan pekerjaan dengan kualitas terbaik. Maka, mereka memilih tempat kerja dan rekan kerja yang cocok dengan mereka

Tipe Mana yang Lebih Baik, Semut atau Lebah?

Di Dunia kerja semut merupakan tipe yang membosankan dan normal, sedangkan pegawai semacam lebah adalah orang yang langka.

Semut memang dikenal pintar dan tidak bahaya, namun lebah kurang cerdas dan berbahaya. Semut bisa didekati, sedangkan lebah menakutjan dan harus dihindari.

Perlu diketahui sebelumnya bahwasanya tidak ada kelompok lebih baik. Mereka mempunya kelebihan dan kekurangan masing-masing

Perusahaan yang sukses membutuhkan semut dan lebah yang seimbang dan tidak mendominasi satu dengan lainnya. Jika kebanyakan semut maka perusahaan akan terhambat, karena resistensi terhadap perubahan dan kepuasan. kebanyakan lebah juga tidak bagus, perusahaan akan repot jika terjadi pergantian pegawai yang terus menerus. Sebab lebah adalah tipe perfeksionis sehingga memilih-milih tempat dan rekan kerja, tidak betah bertahan lama di satu perusahaan.

So jenis pekerja seperti apakah anda? Semut atau Lebah?

By | 2017-10-10T14:20:39+00:00 August 28th, 2017|Jurnal, Pengembangan Diri|0 Comments

About the Author:

suka menulis, penyayang binatang, sedang mendalami dunia motivator dan public konsultan

Leave A Comment