Ini Cara Mengenali dan Menggali Potensi Diri Yang Sudah Lama Terkubur

Ini Cara Mengenali dan Menggali Potensi Diri Yang Sudah Lama Terkubur

The only thing I understand deeply, because in my teens I was thinking about it, and every year of my life, is software. So I’ll never be hands-on on anything except software. Bill Gates

Menggali Potensi Diri – Pada dasarnya setiap manusia sejak lahir telah diberikan oleh Tuhan kelebihan dan bakat unik yeng berbeda-beda satu sama yang lain, bakat itu dinamakan potensi diri. Hanya saja banyak orang yang belum mengetahui potensi dalam dirinya, bahkan  masih ada orang yang belum mengenal sama sekali potensi dari dirinya dan masih  terpendam hingga orang itu dewasa.

Ketika orang tersebut tidak mengenali potensi dirinya maka hal ini sangatlah merugikan, mengingat potensi diri sangat membantu seseorang untuk bisa sukses di masa depan dan mencapai banyak hal dalam kehidupannya melalui potensi diri yang dimiliki. Jika orang tersebut tidak mampu mengenal atau mengembangkan potensi dirinya, maka kemungkinan besar orang tersebut tidak akan berkembang, hanya akan melakukan pencapaian yang itu-itu saja dalam hidupnya.

Menggali Potensi Diri Menggali Potensi Diri Ini Cara Mengenali dan Menggali Potensi Diri Yang Sudah Lama Terkubur 5022 ketahui 5 hal ini untuk menggali potensi diri
Menggali Potensi Diri

Nah untuk itu mengenali potensi diri itu ternyata sangat penting untuk mencapai kesuksesan hidup atau sekedar agar semua yang kita kerjakan berjalan lancar, mudah dan menyenangkan bagi diri sendiri, berikut ini beberapa cara efektif mengenali potensi diri menurut beberapa sumber :

Memahami Diri Sendiri

Sebelum anda mengenali dan mengembangkan potesnsi diri anda, terlebih dahulu anda harus memahami diri sendiri, Apa saja yang anda inginkan, apa saja yang membuat anda bahagia, sebab ini semua akan mempengaruhi pencapaian anda ke depannya orang lain mungkin mengenal dan paham dengan diri anda terutama orang-orang terdekat anda. Namun bukan orang lain yang akan mengenal potensi anda melainkan anda sendiri.

Cobalah kenali diri sediri lebih dalam lagi, gali semua potensi terbaik anda dengan menggali hal-hal terbaik atau terburuk sekalipun dalam diri anda, kekurangan dan kelebihan anda sehingga anda dapat melihat diri anda yang sebenarnya, Setiap orang selalu dengan mudah melihat orang lain namun tak mau bercermin dan melihat diri sendiri (Keburukan dan Kebaikan). Teruslah memahami diri sendiri sampai anda menemaukan potensi diri dalam diri anda.

Pahami Apa yang Menjadi Tujuan Anda Dalam Hidup Ini.

Untuk apa sih Anda Hidup? Sudahkah anda buat visi hidup anda? jika anda belum mempunyai tujuan hidup anda, saya sarankan anda untuk membuat satu tujuan hidup, dimana titik ini akan membuat anda mencapai batas maksimal yang membuat diri anda bahagia. Mulailah dengan mengambil langkah pertama untuk mecapai tujuan anda, tidak harus besar dan muluk-muluk. Untuk memastikan apakah tujuan hidup anda sesuai atau tidak dengan diri anda adalah dengan mengukur seberapa senang dan bahagia anda ketika mengerjakan atau anda berhasil mencapai tujuan hidup anda.

Seberapa Besar Motivasi Anda Mencapai Tujuan Hidup Anda.

Seberapa besar anda telah berupaya mencapai tujuan hidup anda? Terkait tujuan hidup, tujuan hidup bukanlah mimpi siang bolong yang hanya bayangan semata, melainkan harus anda realisasikan dalam kehidupan nyata dan segera dicapai dengan baik. Setidaknya Anda harus berjuang lebih keras dan melakukan hal terbaik untuk mencapainya. Secara maksimal anda kerahkan semua kemampuan yang anda miliki.

Yakinkah dengan Kemampuan Anda?

Percayalah pada kemampuan anda. Sikap percaya diri itu penting untuk dimiliki dalam diri sendiri. Ketika anda dapat masalah yang terjadi maka bersiaplah menghadapinya dan anda harus selalu percaya diri dengan kemampuan anda, Jika anda selalu takut jatuh, maka bagaimana anda akan berlari kencang menghadapi rintangan ? bahkan untuk berjalan saja masih banyak pertimbangan. Janganlah anda mengubur potensi anda hanya karena anda membuang rasa percaya diri anda yang tentunya hanya akan merugikan diri sendiri.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *