Kenapa Tuhan Menciptakan Manusia?

Kenapa Tuhan Menciptakan Manusia?

Kenapa Tuhan Menciptakan Manusia? – “Kalau hidup sekedar hidup, babi hutan juga hidup, kalau bekerja sekedar bekerja, kera juga bekaerja” – Buya Hamka

Untuk Apa Anda Hidup? – Jika kita renungkan dalam hati secara mendalam, akan banyak pertanyaan yang muncul, untuk apa sebenarnya kita hidup di bumi? kenapa kita dilahirkan dibumi? Padahal  kita dibumi hanya sebentar ibarat kata  “Urip Mung Mampir Ngombe” tak banyak yang bisa dilakukan manusia dibumi, Apakah kita hanya akan memberikan warna hitam berupa kehancuran atau warna putih penebar kebaikan. Tuhan menciptakan manusia  berbeda dengan hewan, tumbuhan dan makhluk lainnya, Manusia diberikan akal pikiran oleh Tuhan agar mampu menilai mana yang baik dan buruk, untuk itu mengapa manusia ditujuk sebagai khalifah dibumi tidak lain hanya untuk menjaga dan merawat bumi.

“Dan (ingatlah) tatkala Rabbmu berkata kepada malaikat , ‘Sesungguhnya Aku hendak menjadikan di bumi seorang khalifah’. Berkata mereka, ‘Apakah Engkau hendak menjadikan padanya orang yang merusak di dalamnya dan menumpahkan darah, padahal kami bertasbih dengan memuji Engkau dan memuliakan Engkau?’. Dia berkata, ‘Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui” (QS. Al Baqarah : 30)

Kodrat manusia yang secara alami sebagai pengabdi untuk kehidupan di bumi menjadi lebih baik tidak bisa di pungkiri lagi. Namun kenyataan banyak dari kita yang belum mengetahui secara mendalam hakikat hidup. Keserakahan, kesombongan, Kedengkian menutup hati manusia dan menghadirkan kesuraman kehidupan di bumi berupa kerusakan, kemudian mewariskan Chaos (kekacauan) dan ketidakharmonisan di bumi.

Semua kehidupan yang ada bumi telah Tuhan rencanakan. Lalu muncul pertanyaan “ Kenapa Tuhan menciptakan Ilalang?”. Ilalang termasuk tumbuhan yang menyusahkan petani, Daun ilalang berbentuk panjang, runcing dan berbulu sehingga tidak disukai binatang selain itu ilalang juga dapat menimbulkan gatal. Apakah ilalang tumbuhan yang tidak ada gunanya sama sekali? dan hanya meramai-ramaikan bumi? tentu tidak, ilalang mempunyai banyak manfaat diantaranya melindungi tanah dari erosi, sebagai atap rumah sebagai mulsa untuk menyuburkan tanaman dan obat.

Tuhan menciptakan rumput untuk di makan kambing, Tuhan menciptakan sapi untuk dimakan manusia. Tuhan menciptan Plankton untuk di makan ikan, Tuhan menciptakan Ikan untuk dimakan manusia. Tuhan menciptakan sayuran dan buah-buahan agar bisa di konsumsi manusia. Lalu Tuhan menciptakan manusia untuk….

Tuhan menciptakan manusia hanya untuk mengabdi dan beribadah kepada-Nya. Makna ibadah adalah tunduk dan patuh kepada hukum-Nya. Taat berarti kepada seluruh aturannya. Mulai dari ibadah sholat, zakat, puasa, haji termasuk aspek mu’malah seperti ekonomi, politik, keluarga, pendidikan.

“” Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah-Ku..” (QS Adzdzariyat :56)”

Selain itu Manusia diwajibkan  untuk menjaga keharmonisan dan keserasian di bumi lewat aktifitas sehari-hari yang dapat memberikan manfaat kepada semua allah

Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”

Semakin anda memberikan manfaat kepada orang lain semakin baik manusia di mata Allah dan semua yang kita lakukan akan kembali kepada diri sendiri. Apa yang kita tabur itulah yang akan kita tuai. Seperti kita memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri

Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra:7)

Begitu istimewanya manusia di mata Tuhan, terus apa yang telah kita perbuat dibumi? apa balasan kita kepada tuhan?

Mulai sekarang mari kita renungkan bersama-sama untuk apa kita hidup dibumi, apa yang sudah kita lakukan di bumi, sudahkah sesuai dengan tujuan penciptaan kita sebagai Khalifah.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapat hidayah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *