Kenapa Sikap Mengeluh Harus Dihilangkan Dalam diri Anda

Kenapa Sikap Mengeluh Harus Dihilangkan Dalam diri Anda

Apa yang sering anda lakukan ketika sedang mengalami masalah dalam hidup anda? Bagaimana anda menyikapi masalah tersebut? Kebanyakan orang mengeluh tentang apa yang menimpa dirinya bukan mencari solusi atau bersyukur dengan apa yang telah dimiliki, merasa iri terhadap apa yang didapat orang lain. Menganggap Tuhan tidak adil, memberikan cobaan yang bertubi-tubi kepada anda namun dengan mudah orang lain mendapatkan kebahagiaan. Sebenarnya setiap orang sama, diberikan cobaan dari Tuhan tergantung anda menanggapinya, apakah dengan mengeluh atau mensyukurinya. Mengeluh akan menjadi mudah dilakukan oleh orang yang menjadikan mengeluh sebagai gaya hidup atau suatu kebiasaan. Jika anda suka mengeluh ketahuilah mengeluh bukan menjadi solusi, malahan akan menguras energi dan menciptakan perasaan negatif. Penelitian sudah membuktikan bahwa reaksi otak terhadap rangsangan negatif akan lebih peka daripada positif. Anda lebih akan cenderung mengingat atau fokus pada hal-hal negatif daripada positif.

Mengapa kita Mengeluh

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa kita sering mengeluhkan sesuatu yang tidak perlu kita keluhkan. mengeluh adalah akibat dari realitas yang tidak sesuai dengan harapan atau keinginan kita sehingga kita kecewa, padahal kenyataannya hal demikan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari harapan yang tidak sesuai dengan realita. Ada juga ketika kita tidak iklas dalam mengerjakan sesuatu misalnya dalam memberikan pertolongan kepada orang lain. Diberikan pekerjaan oleh bos kita namun kita tidak senang karena tidak sesuai dengan keinginan kita, Maka kita biasanya akan menggerutu, mengomel atau mengeluh sebagai reaksi ketika kita tidak senang dengan apa yang sedang dikerjakan. Kita memulai keluhan kita biasanya berawal dari percakapan. Percakapan keluhan kita memiliki efek domino, dapat menular. Menurut Penelitian studi yang dilakukan oleh Fridrich Schiller di Jerman bahwasanya ketika kita berada pada orang-orang berperilaku negatif maka kita akan mengikuti perilaku negatif. Ketika kita berkumpul dengan orang pengeluh maka kita akan menjadi orang pengeluh. Otak akan bereaksi emosional yang sama ketika kita dalam kondisi stress.

Bersyukur

Dengan bersyukur maka keadaan akan lebih baik daripada sebelumnya. Sebagai contoh ketika anda mengeluh tentang pekerjaan anda. Ingatlah masih banyak orang yang belum mempunyai pekerjaan seperti anda. Ketika anda merasa makanan istri anda tidak enak. Ingatlah masih banyak warga afrika yang kelaparan. Ketika anda merasa kepanasan karena tidak mempunyai mobil, ingatlah masih banyak orang yang susah untuk berjalan karena keadaan tubuhnya yang tidak lengkap. Anda perlu mensyukuri yang anda miliki, di balik semua keluhan anda pasti ada yang dapat anda syukuri. Para ahli psikologi menungkapkan bahwa “Sikap bersyukur adalah emosi yang sehat” Anda mempunyai dua pilihan apakah mengeluh atau bersyukur terhadap kejadian yang anda alami.

Mengeluh hanya akan menimbulkan penyakit

Mengeluh membuat kita akan dipenuhi dengan pikiran negatif . Padahal pikiran negatif kita akan menimbulkan perilaku negatif. Pikiran negatif akan sulit menemukan jalan terang, kita akan terus jatuh terplosok, tersesat jauh dalam kegelapan yang membuat kita susah bangkit dan akan membuat kita kesakitan terus menerus. Mengeluh bagian kecil dari penderitaan memunculkan pikiran negatif, perilaku negatif akan membuat kita menghasilkan hasil negatif. Menimbulkan penyakit jiwa dan  fisik dalam tubuh kita. Mulailah hari demi hari dengan optimisme. Jangan biasakan ikut-ikutan mengeluh bila sedang berada dengan teman pengeluh. Lihatlah sisi positif dari kejadian itu maka ketika anda beryukur percayalah akan ada perubahan yang luar biasa pada diri anda.



1 thought on “Kenapa Sikap Mengeluh Harus Dihilangkan Dalam diri Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *