Kesehatan

Fakta Menarik Golongan Darah O yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Medis.

Faizuddin Ahmad
Written by Faizuddin Ahmad

Fakta golongan darah O-Anda mempunyai golongan darah O? Berikut ini fakta menarik tentang golongan darah O yang perlu anda ketahui dalam dunia kesehatan.

Fakta golongan darah O fakta golongan darah o Fakta Menarik Golongan Darah O yang Perlu Anda Ketahui di Dunia Medis. Cara Diet Golongan Darah O

Fakta Golongan Darah O

Donor Universal

Fakta golongan darah O adalah golongan darah O termasuk golongan darah universal. Artinya orang yang mempunyai golongan darah O dapat mendonorkan darah ke semua golongan darah, seperti A, B, AB dan O. Namun golongan darah O hanya dapat menerima transfusi darah dari sesama golongan darah O.

Tidak Memiliki Antigen

Fakta golongan darah O tidak mempunyai antigen seperti golongan darah A, B, dan AB. Antigen adalah molekul protein yang terdapat di sel darah merah, Antigen disebut zat berbahaya bagi tubuh, sehingga memicu antibodi untuk melawan. Misalnya jika golongan darah A mendapat transfusi golongan darah B. Maka, antigen golongan darah A akan memicu perlawanan dari antibodi  terhadap golongan darah A yang dimiliki oleh golongan darah B, sehingga menimbulkan reaksi berbahaya dalam darah.

Mempengaruhi Kesuburan Pada Wanita

Golongan darah O dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita. Sebuah Penelitian menemukan bahwa Fakta golongan darah O beresiko mengalami peluang kehamilan yang lebih rendah. Ini disebabkan karena golongan darah O memiliki Kadar FSH yang terlalu tinggi yaitu FollicleStimulating Hormone. Sehingga kemungkinan cadangan sel telur pada wanita dengan golongan darah O lebih sedikit, dibandingkan dengan golongan darah lain.

Mengkonsumsi Makanan Khusus untuk Diet

Makanan yang cocok untuk diet  bagi golongan darah O adalah makanan yang mempunyai kadar protein yang tinggi. Misaknya ikan, unggas, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu.

Pilihan Olahraga yang Tepat

Selain makanan ada juga olahraga yang cocok bagi golongan darah O. Golongan darah O lebih cocok melakukan olahraga yang menggunakan kekuatan. Misalnya berlari, jogging, bersepeda atau olahraga yang bersifat aerobik. Inilah beberapa Fakta golongan darah O yang perlu anda ketahui di dunia medis

Source : www.alodokter.com

About the author

Faizuddin Ahmad

Faizuddin Ahmad

suka menulis, penyayang binatang, sedang mendalami dunia motivator dan public konsultan

Leave a Comment