Efek Kurang Tidur – Berapa jam anda tidur setiap harinya? apakah anda sering begadang atau kurang tidur karena terlalu sibuk dengan kegiatan anda? Hati-hati, ternyata efek negatife yang ditimbulkan karena kurang tidur begitu banyak. Salah satunya yaitu produktivitas anda sehari-hari. Menurut riset AXA PPP Healthcare menyimpulkan kurang lebih 2.000 pekerja yang mengikuti polling terlihat lebih dari setengahnya menyatakan merasa lelah ketika bekerja sekali dalam tiga bulan terakhir. Sebanyak 52 % dari mereka sepakat bahwa hal itu mempengaruhi kinerja mereka. Sebanyak 40 % pekerja hanya mencoba menyelesaikan tugas-tugas yang mudah, Sementara 18 % persennya hanya melakukan “sepotong-potong” dan 6 % lainnya tidak melakukan apa-apa. Sisanya mengaku dapat menyelesaikan sebagian besar tugas mereka, tetapi tidak seproduktif biasanya.

efek-kurang-tidur Efek Kurang Tidur Efek Kurang Tidur Akan Mempengaruhi Produktivitas Anda Akibat Kurang Tidur
efek-kurang-tidur

Setidaknya orang dewasa butuh tujuh hingga Sembilan jam dan menurut ahli, tidur enam jam atau kurang sama saja efeknya dengan tidak tidur sama sekali. Bahkan jika terjasi berulang-ulang akan mengakibatkan sakit kepala, stress, menurunkan produktivitas anda dan karir anda.

Menurunkan konsentrasi

Ketika anda kurang tidur efek yang ditimbulkan pertama kali adalah anda akan kehilangan konsentrasi anda. Anda akan merasa sulit menerima dan memproses informasi atau bahkan anda tidak dapat memikirkan ide-ide segar ketika anda letih.

Dalam melakukan suatu pekerjaan pasti anda tidak akan bisa menyelesaikan tugas-tugas anda, kemungkinan besar anda mudah terkena distraksi dan sulit fokus sehingga sulit memecahkan masalah dalam pekerjaan anda.

Menurunkan Kapasitas Memori

Semakin besar kapasitas memori aktif (working memory) yang anda miliki semakin anda dapat menyelesaikan masalah yang komplek. Jika anda dihadapkan dengan masalah yang sulit, anda perlu tergantung dengan memori anda untuk menarik informasi dari otak untuk membentuk solusi.

Disaat jam tidur anda kurang, kapasitas memori anda akan turun, dipastikan imbasnya pada saat anda mengambil keputusan pada suatu masalah yang tidak tepat

Menurunkan Mood

Ketika jam tidur anda terganggu maka akan mempengaruhi mood anda sehari-hari. Anda akan merasa malas mengerjakan sesuatu sehingga anda tidak produktif dalam bekerja. Massalah yang lebih besar anda akan merasa mudah tersinggung . Anda akan mencak-mencak ketika bertemu bos galak, teman sekantor yang menyebalkan, pekerjaan yang sulit. namun ketika anda cukup istirahat emosi anda akan setabil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here