4 Cara Efektif Membangun Teamwork di Tempat Kerja

4 Cara Efektif Membangun Teamwork di Tempat Kerja

Cara Efektif Membangun Teamwork – Di dalam sebuah lingkungan kerja pasti membutuhkan kerja tim yang bagus agar hasil yang dituju menjadi maksimal. Namun kenyataanya untuk membangun kerja tim yang solid memerlukan waktu yang panjang. Secocok apapun anda dengan teman kerja anda , selalu ada masa ketika terjadi perbedaan pendapat. Nah untuk membangun lingkungan kerja yang harmonis anda hanya perlu mengayomi teman rekan anda, jauhi masalah pribadi dengan kantor sangatlah penting untuk membangun irama postif di lingkungan kerja

Talent wins games, but teamwork and intelligence win championships.”

Michael Jordan.

Cara Efektif Membangun Teamwork Cara Efektif Membangun Teamwork 4 Cara Efektif Membangun Teamwork di Tempat Kerja Article 79
Cara Efektif Membangun Teamwork

Untuk menumbuhkan team work yang solid anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Memaparkan Visi yang Jelas

Pertama yang anda harus lakukan adalah memaparkan visi dari perusahaan anda kepada rekan agar nantinya rekan tim anda mengetahui arah dan tujuan dari perusahaan anda. Setiap anggota dipastikan mengetahui jobdest yang diberikan kepadanya, sejauh mana pembagian waktu dan peran masing-masing anggota.  jangan sampai rekan anda tidak tahu arah tujuan yang akan dicapai. Anda perlu melakukan rapat rutin kepada anggota anda.

Menanamkan Sense of Belonging

Menanamkan rasa memiliki anggota kepada perusahaan menjadi penting untuk membagun kerja tim yang solid. salah satu cara menanamkan sense of belonging adalah dengan cara sesekali anda melakukan kegiatan yang bisa mendekatkan anggota tim, seperti melakukan makan siang, makan bersama dengan tim secara rutin atau melakukan kegiatan hang out bersama  kesuatu tempat yang dapat menakrapkan dan mengenal tim secara personal.

Contoh lainnya dengan anda memberikan kesempatan kepada rekan tim dalam proses pengembalian keputusan sebagai realisai dari kerja sama tim bersama.

Kompetensi

pastikan kompetensi yang dimiliki tim telah merata dan tidak di dominasi oleh orang-orang tertentu. Selalu komunikasikan masalah tugas atau kendala yang terjadi selama mengerjakan tugas kepada tim anda. Jika perlu anda memberikan training atau pelatihan kepada anggota tim yang belum memiliki keahlian.

Ciptakan penghargaan

Anda juga bisa memberikan sebuah reward kepada mereka yang berhasil mengerjakan tugas tepat waktu atau anggota tim yang menonjol. contohnya anda bisa memberikan insentif atau kesempatan libur sejenak setelah susah payah mengerjakan tugas. sebaliknya anda bisa memberikan punishment kepada anggota tim yang tidak mengerjakan tugas dengan baik.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *