Ingin Pegawai Anda Bekerja secara Produktif? Anda Wajib Lakukan Hal Ini Pada Pegawai Anda!

Ingin Pegawai Anda Bekerja secara Produktif? Anda Wajib Lakukan Hal Ini Pada Pegawai Anda!

Bekerja secara Produktif – Ketika anda adalah seorang  manajer  perusahaan pastinya anda  menginginkan karyawan anda selalu  bekerja secara produktif setiap waktu, artinya bahwa karyawan anda dituntut untuk bekerja keras memajukan perusahaan. Namun realitanya ketika anda memberikan motivasi karyawan anda untuk bekerja keras, malah mereka menganggap ini tekanan dari bos sehingga menurunkan semangat kerja mereka. Alhasil kerjaan kantor akan terbengkalai dan karyawan  anda tidak akan betah kerja dengan anda. Lalu bagaimanakah cara kepemimpinan yang baik untuk memotivasi karyawan agar selalu bekerja secara produktif? Berikut dilansir dari Td.org

Bekerja secara Produktif Bekerja secara Produktif Ingin Pegawai Anda Bekerja secara Produktif? Anda Wajib Lakukan Hal Ini Pada Pegawai Anda! productivity
Bekerja secara Produktif

kerja keras atau bekerja secara produktif?

Pemimpin yang baik adalah mengerti mana yang disebut bekerja keras atau bekerja secara produktif kalau anda sebagai manajer malas meningkatkan hasil, mengapa anda menyuruh pegawai anda untuk bekerja keras? apakah perkataan anda serta merta akan di ikuti oleh bawahan anda? sebaliknya atasan yang baik adalah memberikan contoh kepada bawahannya. Pastikan anggota tim anda mendapatkan upah yang layak, peralatan kantor yang baik dan pengembangan skill SDM yang efektif. Dengan begitu karyawan anda dapat bekerja dengan lebih nyaman. Seorang manajer harus mampu menganalisis gaya kepemimpinan sendiri. Sebelum dia mengubah orang lain, ubahlah dri sendiri.

Seorang manajer juga harus mampu menganalisis beban kerja pegawainnya. Selain itu, atasan harus bisa mengarahkan staff agar bisa bekerja secara produktif dan mencapai tujuan utama dalam pekerjaannya.

Menetapkan Tujuan tinggi dalam bekerja

Dalam pikiran pasti sering muncul pertanyaan “ Bagaimana cara menumbuhkan loyalitas pegawai?” Banyak jawaban yang dapat menjawab pertanyaan ini. Namun, sebagai pemimpin yang baik anda dapat menjawab dengan “menetapkan tujuan pekerjaan setinggi mungkin” artinya pegawai anda melakukan pekerjaan terbaiknya dan bernilai”

Sebagai contohnya ketika anda sebagai manajer di perusahaan pengiriman barang anda memberikan motivasi bawahan anda dengan mengatakan” lakukanlah pekerjaan yang terbaik bagi anda agar dapat meningkatkan kepuasaan pelanggan” atau “ Tingkakan produktifitas perusahaan”. Lambat laun pegawai anda akan bosen dengan motivasi anda seperti ini. cobalah mengatakan dengan kalimat ” bekerjalah sebaik mungkin  demi bisa mengirimkan barang tepat waktu, sehingga anak yang berulang tahun bisa menerima kado ini dengan tepat pada waktunya “ atau “ pasien yang membutuhkan obat ini bisa mendapatkan pengobatan dengan segera”. Dengan demikian anda secara tidak langsung menanamkan efek nilai pada tujuan bekerja.

Melibatkan semua pegawai anda dalam mengambil keputusan

Salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan anda adalah dengan memberikan kesempatan berpendapat pada karyawan anda guna memajukan perusahaan atau kata lain melibatkannya dalam mengambil keputusan. Dengan begitu karyawan anda juga merasa “ini adalah pekerjaan kami”. Mereka tidak hanya merasa sebagai suruhan yang menunggu perintah tapi juga mempunyai rasa memiliki pada perusahaan. Buatlah karyawan anda merasa sedang bekerja dengan atasan bukan dengan bos.

Finally Word : Komunikasi

Semakin baik tim anda memahami tujuan, pendekatan, dan alasan dia berada di perusahaan. Semakin baik keterlibatan mereka pada perusahaan. Jika mereka tidak yakin dengan apa, mengapa dan bagaimana, maka sangat sulit mereka untuk bekerja dengan rasa memiliki. Jalinlah komunikasi secara terus menerus kepada bawahan anda jadikan mereka partner bekerja bukan  sebagai suruhan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *