4 Alasan Mengapa Leher Anda Terasa Nyeri Saat Bekerja

//4 Alasan Mengapa Leher Anda Terasa Nyeri Saat Bekerja

4 Alasan Mengapa Leher Anda Terasa Nyeri Saat Bekerja

Pernahkah anda merasa sakit dan nyeri di sekitar leher anda ketika anda duduk lama di depan  komputer? Pasti anda merasa tidak enak badan dan segera ingin menyelesaikan pekerjaan anda, sementara anda sedang mengerjakan proyek yang harus anda selesaikan esok hari, anda berjam-jam terpaku duduk dikursi kerja, anda baru menyadari bahwa ketika saat mulai menggerakan badan, anda merasa leher benar-benar merasa nyeri dan kaku.

alasan-mengapa-leher-anda-terasa-nyeri-saat-bekerja

alasan-mengapa-leher-anda-terasa-nyeri-saat-bekerja

Dilansir dari Beyond The office Door berikut penyebab rasa nyeri dan sakit pada leher anda ketika lama duduk di kursi kerja anda:

Postur Tegang

Duduk selama berjam-jam bisa menyebabkan ketegangan postural pada leher, punggung dan bahu. Ketika anda mulai merasakan nyeri, otot-otot di sekitar tulang belakang dan korset bahu menjadi tegang. Ini disebabkan karena anda bekerja pada posisi yang sama terlalu lama, maka otot ini kelelahan dan merasa sakit. Otot disekitarnya mulai kontraksi dan menimbulkan kelelahan. Akibatnya, anda mengalami nyeri di seluruh leher dan daerah punggung bagian atas.

Cara mengatasinya coabalah untuk membatasi bekerja selama 20-30 menit. Kemudian rehatlah sejenak untuk sekedar menggerakkan dan meregangkan otot-otot. Selain itu anda harus memperhatikan duduk anda. Hindari membungkukan badan.

Meja Kerja Tidak Ergonomis

Meja yang terlalu tinggi, membuat anda harus mengangkat bahu, lengan, pergelangan tangan sampai ke posisi yang sesuai. Akibatnya, otot leher anda akan kelelahan dan mulai kejang. Bila otot leher menjadi kencang, maka ketegangan akan berpengaruh pada otot di dasar tengkorak. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala yang dimaulai dari dasar tengkorak. Meja terlalu rendahpun juga akan menyebabkan kejang otot, sakit leher dan sakit kepala

Cara mengatasinya dengan menyesuaikan permukaan meja dengan ketinggian yang pas. Meja yang ergonomis akan memungkinkan anda mencapai permukaan kerja dengan mudah, sehingga lengan bisa berada di sisi tubuh dengan siku sampai 90 derajat. Pastikan juga jarak mata anda dengan monitor sekitar 20 inci demi mencegah ketegangan mata.

Posisi Monitor yang salah

Posisi monitor salah akan menyebabkan sakit leher saat anda bekerja di komputer dalam waktu lama. Pastikan monitor harus berada  tepat atau sedikit dibawah level mata agar posisi kepala, tulang belakang dan leher tidak menunduk atau mendongak

Stress

Ketika mengalami stres, bahu anda mulai mengankat (atau mengangkat bahu sedikit) sebagai respon perlawanan. Posisi ini mengaktifkan dan melelahkan otot di leher dan punggung bagian atas akibatnya akan menimbulkan ketegangan otot dan berakhir dengan rasa nyeri. stres biasanya diakibatkan karena faktor diluar kerja seperti pekerjaan rumah dll atau bisa jadi karena pekerjaan yang menumpuk dan dikejar deadline sehingga anda stress. Cara mengatasinya adalah cobalah untuk reha sejenak dan mempraktekkan meditasi untuk mengurangi stres.

By | 2017-10-10T14:30:59+00:00 August 25th, 2017|Tips and Trik|0 Comments

About the Author:

suka menulis, penyayang binatang, sedang mendalami dunia motivator dan public konsultan

Leave A Comment