6 Langkah Jitu Supaya Anda Dapat Menyisikan Uang Gaji Anda Untuk Masa Depan

Robert Kiyosaki “Kekayan anda dilihat dari sebarapa banyak tabungan anda bukan seberapa besar pengghasilan anda”. Sejak Kecil kita di ajari oleh guru atau orang tua kita untuk rajin menabung, Uang saku kita disisihkan untuk menabung dan di masukan kedalam celengan terbuat dari tanah liat, ada juga kita diwajibkan untuk iuran wajib di sekolaha. Namun, lambat laun setelah kita dewasa sangat susah sekali untuk menyisihkan uang gaji kita untuk menabung. Keperluan sehari-hari yang begitu banyak, godaan-godaan untuk membeli sesuatu yang ternyata tidak begitu dibutuhkan membuat kita untuk menyisihkan sedikit gaji bulanan kita terkendala, Lalu bagaimana tips dan trik agar uang gajian bulanan kita dapat disisakan di akhir bulan, Berikut ini beberap tips  jitu agar uang gaji anda dapat sisa hingga akhir bulan.

  1. Buat Rincian uang sesuai fungsi dan tujuannya.

Buat semacam table Rincian uang sesuai fungsi dan tujuannya, misalnya ada memiliki gaji 1.500.000. Rincikan uang tersebut, berapa berapa persen untuk makan sehari-hari, seberapa persen untuk kegiatan sosl seperti ketika ada hajatan teman, buat sedekah dll. Sisakan lagi buat keperluan investasi atau modal usaha dan untuk menabung, tergantung pengelolaan yang anda inginkan. Merencanakan Rincian uang sesuai fungsi dan tujuannya seperti ini akan mudah untuk mengontrol seberapa banyak belanja anda. Anda juga akan terhindar dari sikap boros yang selama ini menggagalkan usaha anda untuk menabung.

Ingat, anda harus mematuhi peraturan anggaran yang di buat anda sendiri, sekali kamu melanggar semakin mudah untuk melakannya kedua,ketiga kalinya.

 

Kebutuhan sehari-hari Sosial Investasi Menabung
600.000 400.000 300.000 100.000

 

  1. Buat Target tabungan setiap tahun.

Dengan membuat target tabungan setiap tahun membuat nda terpacu untuk meningkatkan pendapatan anda setiap bulan. Jika anda serang karyawan yang gajinya tetap anda harus menyisikan uang untuk investasi sebagai uang tambahan di luar gaji karyawan. Misalnya anda bisa bisnis properti, Main saham, Beli tanah untuk disewakan dll.

2017 2018 2019 2020
5.000.0000 6.000.000 7.000.000 8.000.000

jika anda tidak melanggar kesepakatan pada diri anda maka selama 4 tahun maka tabungan anda sudah mencapai 31.000.000 juta.

  1. Tetapkan uang pecahan yang harus anda tabung

Bulan lalu ada berita viral menganai seorang mahasiwa yang selalu menabung dengan uang pecahan 20.000. Setiap ada uang 20.000 harus di masukkan dalam celengan. Anda bisa meniru cara ini tergantung kemampuan  anda. Misalnya  anda hanya mampu  menabung 1000  tidak jadi masalah yan terpenting konsisten setiap harinya.  Agar tidakterlalu berat anda bisa di terapkan satu kali sehari.

  1. Bawa sedikit uang cash dari gaji yang anda punya

Setiap anda keluar nongkrong bareng teman-teman anda biasakan untuk membawa sedikit uang cash, karena sebenarnya yang membuat anda lebih boros ketika anda jalan bareng teman. Anda akan tergoda beli ini beli itu. Dengan membawa sedikit uang cash anda akan berfikir dulu sebelum membeli sesuatu.

  1. Pisahkan Rekening tabungan dan untuk kebutuhan sehari-hari

Buat dua rekening yang berbeda yang khusus buat menabung dan yang satunya untuk keperluan sehar-hari. Maka uang pemasukkan atau simpanan anda tidak akan tercampur dengan uang keperluan lainnya.

  1. Membuat Tujuan untuk apa anda menabung

Jika anda mempunyai tujuan untuk apa uang tabungan anda, akan membuat anda rajin menabung dan konsiten misalnya untuk menikah, naik haji, beli rumah. Pertama buat tujuan tabungan anda agar anda termotivasi untuk menabung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *